Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah barberry



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah berry.
Selamat membaca. .

BUAH BARBERRY



Manfaat.
Buah barberry (Berberis nepalensis (DC.) Spreng.) merupakan salah satu kekayaan hayati yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai alternatif pewarna alami karena memiliki warna yang menarik.

Warna merah lembayung dari buah barberry disebabkan oleh kandungan pigmen antosianinnya yang dapat digunakan sebagai pewarna alami. Pewarna alami dapat digunakan untuk menghindari penggunakan zat warna sintetis yang kemungkinan berbahaya bagi kesehatan.

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat formula sediaan lipstik dengan menggunakan pewarna alami dari ekstrak buah barberry. Ekstraksi buah barberry dilakukan dengan metode maserasi menggunakan etanol 96% dengan penambahan 5% asam sitrat, kemudian ekstrak dipekatkan menjadi ekstrak kental dengan rotavapor dan di kering bekukan selama 36 jam.

Kandungan dalam buah barberry :
1.     Berbamine.
2.     Berberin.
3.     Berberrubine.
4.    Columbamine.
5.     Hydrastine.
6.    Jatrorrhizine.
7.     Mangan.
8.    Oxycanthine.
9.    Palmatine.
10.  Vitamin C.

 Formula sediaan lipstik terdiri dari komponen-komponen cera alba, vaselin alba, setil alkohol, lanolin, carnauba wax, propilen glikol, tween 80, titanium dioksida, butil hidroksi toluen, nipagin, dan parfum, serta penambahan pewarna dari ekstrak buah barberry dengan konsentrasi 0, 8, 10, 12, 14, dan 16%. Pengujian sediaan yang dilakukan adalah pemeriksaan mutu fisik yang meliputi homogenitas, stabilitas, uji oles, titik lebur, kekuatan lipstik, pH sediaan, uji iritasi dan uji kesukaan.

Seluruh sediaan memiliki titik lebur 52°C, homogen, dan stabil dalam penyimpanan selama 30 hari pada suhu kamar dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Sediaan lipstik dengan konsentrasi 12, 14, dan 16% memiliki daya oles yang lebih baik dari pada konsentrasi 8 dan 10%. Sediaan lipstik dengan konsentrasi ekstrak buah barberry 0 dan 8% memiliki kekuatan 124,9 g dan 104,9 g, pada konsentrasi 10, 12, dan 14% memiliki kekuatan lipstik 94,9 g dan konsentrasi 16% memiliki kekuatan lipstik 84,9 g.

Sediaan lipstik dengan konsentrasi ekstrak buah barberry 0% memiliki pH 6,0, konsentrasi 8, 10, dan 12% memiliki pH 3,8 dan konsentrasi 14 dan 16% memiliki pH 3,7. Sediaan lipstik dengan ekstrak buah barberry 8 dan 10% memberi warna merah ungu muda dan termasuk dalam kategori agak suka sedangkan sediaan lipstik dengan ekstrak buah barberry 12, 14, dan 16% memberi warna merah ungu tua dan termasuk kategori suka.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah barberry dapat digunakan sebagai pewarna dalam sediaan lipstik dan memenuhi persyaratan lipstik yang baik.

Berries yang dapat dimakan dan kaya akan vitamin C. Mereka memiliki rasa yang sangat tajam. Mereka memiliki duri dan ini membuat panen mereka sulit. Mereka juga merupakan sumber makanan penting bagi banyak burung kecil

 
 Khasiat :
1.
Mengurangi denyut jantung, pernapasan, konstriksi bronkus.
2.
Mempromosikan gerakan usus.
3.
Membunuh bakteri pada kulit.
4.
Buah kering berberis vulgaris, umumnya dikenal sebagai Barberry, digunakan sebagai obat herbal. Bahan aktif dalam Barberries adalah alkaloid isoquinolone, terutama berberin.
5.
Jangan gunakan jika hamil.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar