Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah blackcurrant



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah hitam keren.
Selamat membaca. .

BUAH BLACKCURRANT
 


Manfaat.
Ribes nigrum atau biasa dikenal sebagai blackcurrant adalah jenis tanaman semak yang memiliki buah yang berbentuk bulat dengan warna ungu.

Buah blackcurrant  memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah anggur, hanya saja buah blackcurrant memiliki ukuran buah yang lebih kecil. Buah ini berasal dari negara Eropa pada abad ke 17, lalu menyebar ke Asia Utara.

Senyawa antosianin utama pada blackcurrant adalah delfinidin-3-O-glukosida, sianidin-3-O-glukosida, dan sianidin-3-O-rutinosida. Minyak biji blackcurrant juga mengandung senyawa penting lainnya, yakni asam gama linolenat dan asam lemak esensial.

Buah blackcurrant ini mempunyai banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak zat kimia alami yang penting, misalnya mampu mengurangi peradangan pada alergi yang memicu asma, menetralkan racun dalam tubuh, mencegah penyakit alzheimer, parkinson dan multiple sclerosis.

Kandungan Blackcurrant Dan Buah Berry Dalam Super Lutein.
Kandungan Blackcurrant Dan Buah Berry Dalam Super Lutein. Blackcurrant (Ribes nigrum) adalah tanaman semak yang berasal dari kawasan Eropa bagian tengah dan utara, serta dapat dijumpai pula di Asia bagian utara.

Namun blackcurrant yang berasal dari Asia seringkali dibedakan sebagai varietas tanaman tersendiri, yakni Ribes nigrum var. sibiricum, atau malah dikategorikan sebagai spesies yang berbeda, yakni Ribes cyathiforme.

Terdapat pula senyawa fitokimia (polifenol/antosianin) yang berpotensi menghambat mekanisme inflamasi yang diduga berasal dari tahap awal penyakit jantung, kanker, infeksi mikroba, atau kelainan neurologis seperti penyakit Alzheimer’s.

Kandungan nutrisi dan senyawa :
1.     Vitamin A.
2.     Vitamin B1.
3.     Vitamin B2.
4.    Vitamin B3.
5.     Vitamin B5.
6.    Vitamin B6.
7.     Vitamin C.
8.    Vitamin E.
9.    Mineral.
10.  Kalsium.
11.   Besi.
12.   Magnesium.
13.   Fosfor.
14.  Seng.
15.   Potasium.
16.  Proanthocyanidins.
17.   Flavonoid.
18.  Asam gama linolenat.
19.  Asam lemak esensial.
20.  Epigallocatechin.

Kandungan vitamin C pada buah ini sangat tinggi, yaitu 302% nilai asupan harian per 100 gram.

Riset mengindikasikan, konsumsi buah-buahan berwarna ungu, seperti blueberry, blackberry blackcurrant, atau plum, akan memberi manfaat karena mengandung zat penting yang dapat menetralkan racun dalam tubuh. Bahkan, zat ini diyakini mampu mencegah beragam penyakit, seperti alzheimer, multiple sclerosis, dan parkinson.

Penelitian yang digagas Douglas Kell dari University of Manchester menunjukkan bahwa penyakit degeneratif salah satu pemicunya adalah paparan logam besi yang tidak terikat sempurna sehingga meracuni tubuh dan merusak sel-sel.

Meskipun kita sering mendengar bahwa zat besi bermanfaat bagi kesehatan, zat ini dapat menjadi racun apabila diserap oleh tubuh dalam bentuk yang keliru. Zat besi bermanfaat bagi kesehatan jika logam ini bereaksi dengan zat lainnya dalam tubuh. Tetapi, apabila tidak bereaksi dengan zat lain, zat besi dapat meracuni jaringan tubuh.

Logam yang beracun ini disebut juga dengan istilah radikal hidroksil, yang memicu timbulnya penyakit degeneratif di beberapa bagian berbeda pada tubuh.

Dalam upaya memberi perlindungan terhadap logam beracun itu, penting artinya bagi tubuh untuk memperoleh nutrien, yang disebut juga dengan iron chelator. Zat inilah yang dapat menempel erat pada besi dan bertugas menetralkannya.

Menurut kajian, buah-buahan dan sayuran berwarna cerah merupakan sumber chelator yang baik. Demikian pula halnya dengan teh hijau. Namun, buah-buahan berwarna ungu diyakini sebagai sumber chelator terbaik karena dapat mengikat logam besi secara efektif.

Laporan yang disusun Douglas Kell adalah yang pertama menghubungkan banyak penyakit dengan paparan logam besi berbahaya dalam tubuh. Kell, yang memublikasikan risetnya dalam jurnal Archives of Toxicology, menekankan pentingnya melakukan kajian lebih lanjut terutama mengenai potensi buah warna ungu ini untuk mencegah penyakit degeneratif.

Pada musim panas di negara-negara Barat, berbagai buah berry melimpah, seperti stroberi, raspberry, blackberry, blueberry, blackcurrant, dan redcurrant yang sangat baik untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Molecular Nutrition & Food Research yang menemukan bahwa Epigallocatechim (zat antioksidan) ditemukan dalam buah blackcurrant, zat tersebut bila bereaksi dengan system imunitas pada tubuh dapat mencegah peradangan pada jaringan paru-paru anda yang dapat menyebabkan asma.

Selain itu, buah yang masuk dalam kategori tanaman semak yang berasal dari kawasan Eropa bagian tengah dan utara, serta dapat dijumpai pula di Asia bagian utara ini, memiliki kadar vitamin C yang luar biasa tinggi (302% nilai asupan harian per 100 gram). Selain itu, blackcurrant juga banyak mengandung vitamin lain, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, dan vitamin B6, serta mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

 

Khasiat :
1.     Mencegah penyakit jantung.
2.     Mencegah penyakit kanker.
3.     Mencegah radang paru.
4.    Mencegah penyakit asma.
5.     Mengatasi radang encok.
6.    Melawan alergi.
7.     Mencegah bakteri.
8.    Mencegah penyakit flu.
9.    Mencegah kerusakan sel tubuh.
10.  Mencegah sakit perut.
11.   Mencegah sakit tenggorokan.
12.   Mencegah penyakit Alzheimer.
13.   Meningkatkan daya tahan tubuh.
14.  Membersihkan saluran darah.
15.   Mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.
16.  Membantu membakar kalori.
17.   Mengurangi kelebihan air dalam tubuh.
18.  Meningkatkan kesehatan kulit.
19.  Meningkatkan kesehatan rambut.
20.  Meningkatkan kesehatan kuku.
21.   Mencegah penggumpalan darah.
22.  Mencegah infeksi saluran kencing dan gagal ginjal pada anak-anak.
23.  Dan lain-lain.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

3 komentar:

manfaat yoghurt mengatakan...

penasaran rasa blackcurrant itu kalau digambarkan dengan kata-kata bagaimana ya

abdulhalim mustafa. mengatakan...

buah lakum

Miliana mengatakan...

bagus banget buat dimakan

kapasitas produksi excavator pc 200

Posting Komentar