Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah anggur



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah favorit kaisar romawi.
Selamat membaca. . .

BUAH  ANGGUR

 

Manfaat
Buah yang termasuk jenis tanaman merambat ini bernama Latin Vitis vinivera dari keluarga vitaceae dan merupakan buah impor dari Eropa dan Amerika. Tak heran, buah bentuknya hampir bulat dengan warna kulit merah kehitaman, ungu, dan hijau ini mahal harganya. Rasa daging buahnya asam manis, mengandung banyak air.

Penggunaan buah ini sudah dikenal luas di dunia. Pada umumnya anggur dikonsumsi dengan dimakan begitu saja, dijus, atau sebagai campuran dalam salad. Untuk menambah nilai ekonomis, anggur bisa dibuat menjadi jeli, minuman (wine), minyak biji anggur dan kismis. Buah anggur merupakan makanan unik yang mengandung berbagai nutrisi, sebagai makanan penguat yang memulihkan tenaga setelah sembuh dari sakit berat. Juga baik bagi penderita anemia dan reumatik (arthritis, gout).

Konon jus buah ini selalu diminum oleh tokoh India Mahatma Gandhi, jika ia berpuasa (kalau Rasulullah saw. saat berpuasa favoritnya buah kurma). Jus buah ini juga dipercaya mamou mengobati masalah kulit dan radang saluran kemih.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, mengikuti pola makan khusus ‘grape mono fast diet’, yaitu selama dua hari hanya makan buah anggur. Diet ini diulang setiap 10 hari.

Para ahli naturopati menganjurkan supaya buah ini dikonsumsi secara terpisah (tidak digabung dengan buah atau makanan lain), karena buah ini difermentasi sangat cepat dalam usus. Mengunyah buah anggur juga dianjurkan bagi anda yang menderita bengkak gusi atau sakit gigi.

Buah anggur mengandung banyak jenis senyawa aromatik lebih banyak daripada semua jenis buah – buahan. Yang paling penting adalah astringent, tannin, flavon, antosianin merah, linalol, geraniol, dan nerol. Senyawa- senyawa tersebut depercaya memiliki nilai proteksi terhadap kanker.

Sedangkan unsur yang terkandung didalamnya antara lain : kandungan energy, karbohidrat, gula alami (dektrosa dan glukosa), serat pangan, lemak, protein, vitamin B kompleks, vitamin C dan K, kalsium, iron, magnesium, fosfor, fottasium, sodium, zinc, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, serta dengan adanya unsur -unsur yang terkandung di dalam buah ini menjadikannya memilki peranan penting yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.


Khasiat :
1.     Gangguan Ginjal.
Buah anggur untuk pengobatan gangguan ginjal sangatlah aman karena dapat membantu menyingkirkan asam ginjal,jadi hal ini bisa membantu mengurangi tekanan ginjal.
2.     Sembelit.
Buah anggur ini memiliki asam organik serta gula yang sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit
3.     Asma.
di dalam buah anggur ini memiliki kekuatan asimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru,dan ahal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak napas
4.    Migrain.
Dengan cara minum jus anggur dengan murni tanpa campuran air setiap pagi anda akan sembuh dengan penyakit migrain anda
5.     Penyakit Jantung.
Ketika anda mengkonsumsi buah anggur tingkat oksida nitrat dalam darah anda akan meningkat,yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi resiko penyakit jantung,dan antioksidannya juga membantu menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
6.    Pencernaan.
Alangkah baiknya anda mengkonsumsi buah anggur apabila anda sedang mengalami gangguan pencernaan,karena buah anggur ini mampu mengatasi perut dan yang lainnya.
7.     Kelelahan.
Jus anggur dapat mengatasi kelelahan dengan diimabangi dengan isitirahatnya yang cukup,karena jus buah anggur ini mengandung energu instandan juga kaya akan zat besinya.
8.    Kanker Payudara.
Menurut para ahli atas penelitian nya bahwa jus anggur yang berwarna ungu sangat baik dalam mencegah kanker payudara yang signifikan mengurangi masa tumor pada kanker payudara tersebut.
9.    Kanker.
Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
10.  Diabetes Mellitus.
Kandungan mangan pada anggur mampu membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.
11.   Insomnia.
Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya.
12.   Hipertensi.
Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.
13.   Jantung Koroner.
Anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung koroner berkat kandungan senyawa fenol yang punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkanresveratrol pada anggur merah dan hitam khususnya, berpotensi menurunkan risiko terkena jantung koroner (berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS). Begitu pula kandungan saponinnya, mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.
14.  Lain-Lain.
Kandungan vitamin C pada anggur baik untuk pembentuk kolagen, kesehatan gusi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan gulanya merupakan sumber energi instan. Selain itu, anggur juga dipercaya sebagai afrodisiak (makanan pembangkit gairah seksual). Kandungan boron pada anggur pun dapat mencegah osteoporosis. 

Perlu Diperhatikan :
Pilihlah anggur yang masih kencang. Bila disimpan, anggur sebaiknya disimpan di lemari pendingin agar kerenyahan dan rasanya tetap terjaga. Saat akan dimakan, anggur hendaknya dicuci bersih untuk mengurangi kadar residu pestisidanya.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar