Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah pinang



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info mengenai nama buah yang sering terdengar pada lomba 17 Agustusan.
Selamat membaca. .

BUAH PINANG
 
Manfaat.
Dunia mengenal buah yang satu ini dengan nama Betel Palm atau Betel Nut Tree. Sementara itu dalam kajian ilmiah, pinang dikenal dengan nama Areca Catechu. Buah pinang merupakan tanaman sejenis buah kelapa, yang dapat tumbuh subur di iklim tropis.

Buah ini banyak ditemukan di kawasan Pasifik, Afrika dan juga benua Asia. Tumbuhan ini memiliki buah dengan cangkang serabut serupa kelapa. Buah tumbuhan ini juga dinamai sama dengan tanamannya, Pinang.

Bagi Indonesia, pinang dianggap sebagai bagian dari budaya leluhur sebab ia merupakan salah satu buah yang sering dijadikan pelengkap upacara adat. Selain itu, pinang juga populer dijadikan pelengkap budaya menyirih di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, di luar negeri, piang lebih populer diolah menjadi penganan nikmat seperti permen dan cemilan lainnya. Di balik rasa pinang yang khas, ia menyimpan manfaat yang cukup mengejutkan khususnya buah yang masih muda.

Selain itu buah pinang juga kerapkali dikaitkan dengan budaya menyirih di berbagai daerah di Indonesia. Sementara itu, di luar negeri buah pinang lebih populer di olah menjadi penganan nikmat seperti olahan pada permen dan cemilan lainnya.

Pohon pinang selain dapat digunakan sebagai tanaman hias, juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang masih muda biasanya berwarna hijau, sedangkan yang sudah matang berwarna kekuningan, kulitnya memiliki serabut yang halus.

Sudah sejak dulu buah pinang sering digunakan oleh orang tua dengan mengunyahnya, sehingga meskipun sudah berusia lanjut mereka masih memiliki gigi yang kuat. Itu membuktikan bahwa buah pinang memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. 

Kini daging buah pinang yang sudah dikeringkan menjadi komoditas export ke mancanegara, buah pinang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti untuk mengobati disentri, mengobati diare, membunuh cacing dalam perut, dapat mengobati sakit asma, menambah vitalitas bagi pria dewasa, menyembuhkan penyakit kudis, dan bahkan buah pinang berkhasiat untuk menghentikan pendarahan.

Terutama bagi kaum wanita yang mengalami pendarahan, sebaiknya lebih rutin mengkonsumsi buah pinang untuk menyembuhkan pendarahan. 

Khasiat buah pinang muda dalam mengatasi pendarahan telah dibuktikan secara ilmiah. Khasiat ini bersumber dari senyawa Choline atau bilineurine, Arecaidine atau arecaine, Tannin, Guvacoline, dan Guvacine yang merupakani kelompok ester glukosa dan bergandengan dengan sejumlah gugusan pirogalol. Berdasarkan penelitian lebih lanjut, sederet senyawa ini memili sifat astringent juga hemostatik.

Khasiat :
1.     Menghentikan mimisan.
2.     Menguatkan gusi.
3.     Menghentikan pendarahan, kudis, sariawan, disentri, batu ginjal.
4.    Mengentikan proses pendarahan serta membuat gusi jauh lebih kuat.
5.     Mengusir cacing
Bersumber dari senyawa Arecoline yang memang sangat ampuh mengusir cacing pita pada unggas, kucing juga anjing.
Melalui penelitian lebih lanjut, obat cacing untuk manusia berbahan buah pinang muda juga mulai dilirik.
Jauh sebelum penelitian tersebut, leluhur kita sudah mengkonsumsi buah pinang khususnya yang muda sehingga mereka terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cacing.
6.  Zat pewarna alami yang terkandung di dalam buah pinang muda memang banyak digunakan sebagai bahan pewarna serat. Jauh lebih mudah, alami dan tentu berkualitas. Warna merah anggur pada buah pinang muda ini bersumber dari senyawa phobapheen yang terkandung di dalamnya.

Paradigma mengkonsumsi pinang itu “kampungan” harus dirubah sebab secara medis mereka yang rutin mengkonsumsi pinang muda justru memperoleh manfaat yang lebih baik. Jika tak suka warnanya yang melekat pada gigi, Anda dapat mencoba kapsul ekstrak pinang muda yang kini mulai marak dikembangkan oleh produsen obat herbal.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar