Sabtu, 01 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jambu air black pearl



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jambu air.
Selamat membaca. .

BUAH JAMBU AIR
BLACK PEARL
 
Manfaat.
Walaupun menyandang nama Black Kingkong, tetapi jambu air Black Kingkong bukanlah varietas jambu air berukuran besar dari Taiwan, Black Pearl lah yang sebenarnya merupakan si raksasa java apple dari negeri pecahan Cina daratan itu. Berat jambu air Black Pearl dapat mencapai 150 – 250 gram perbuahnya, bandingkan dengan dengan jambu Cincalu yang hanya 100 gram perbuahnya. Dengan ukuran bobot seperti ini maka dalam 1 kilogram-nya, timbangan jambu air Black Pearl hanya akan berisi 4 -5 buah jambu air saja.

Jambu air Black Pearl memiliki daging buah yang tebal dan berbiji besar. Tingkat warna ‘kemerahan’  dari jambu ini dapat dijadikan indikator kemanisan rasa, semakin merah kehitaman warna  kulit dan daging luar buahnya, maka kandungan gula – fruktosa di dalam buah semakin tinggi pula.

Menurut dugaan Shu Zen Hong, seorang profesor hortikultura Taiwan, sejarah jambu air Black Pearl tidak bisa lepas dari daerah bernama Srondol di Semarang yang merupakan asal dari jambu air tersebut. Di Taiwan, jambu asal Semarang yang ditanam di dataran rendah mengalami mutasi menjadi jambu air Black Diamond, sedangkan yang ditanam di dataran tinggi menjelma menjadi jambu air Black Pearl.

Jambu air Black Pearl adalah merupakan salah satu buah berharga sangat mahal dan sangat disukai oleh bukan saja rakyat Taiwan tetapi juga oleh rakyat Jepang dan Korea. Karena tingginya permintaan jambu air ini dari Jepang dan Korea, maka pada tahun 2000 tak kurang dari 8000 Ha lahan di Taiwan telah ditanami jambu air Black Pearl.

Di Taiwan sendiri, buah jambu air Black Pearl dijual dengan harga yang dapat mencapai US$10/kg atau sekitar Rp 90.000,- an perkilonya dengan kurs dibulan November 2010, dengan nilai ekonomis seperti ini maka Black Pearl pantas dijual dalam kotak bersekat dimana setiap 1 buah mutiara hitam dibungkus styrofoam, mengisi setiap sekatnya.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar