Sabtu, 11 Januari 2014

Buah - buahan


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar makanan pelengkap sehari – hari kita.
Selamat membaca. .

BUAH – BUAHAN
 


Kenalan dulu. .
Buah adalah salah satu bahan pangan yang mudah diolah dan dimakan, mempunyai rasa atau aroma yang memanjakan lidah, serta penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Buah juga mengandung sedikit kadar kalori dan lemak, sehingga baik untuk menjaga supaya tidak menderita obesitas meski dimakan dalam jumlah banyak. Memakan buah – buahan 2 atau 3 porsi sehari akan menghindarkan tubuh dari kanker dan penyakit jangtung koroner.

Memakannya dalam keadaan segar, menyebabkan tubuh akan mendapat pasokan vitamin, mineral, serat, dan lainnya yang masih utuh. Karena apa ? Buah yang sudah diproses akan berkurang kadar vitaminnya. Namun, buah yang akan disantap mentah sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu, untuk menghilangkan sisa – sisa kotoran, pupuk, atau pestisida yang kemungkinan masih melekat pada kulitnya.

Beberapa jenis buah ada yang sangat baik jika dimakan bersama kulitnya (yang pasti bukan DURIAN lho, hehe), karena dibawah kulit tersebut terkandung vitamin paling tinggi.

Buah dalam kaleng hendaknya dihindari, karena direndam dalam sirup yang kadar gulanya sangat tinggi (disini Caraka tidak bermaksud menjatuhkan berbagai produk buah kalengan), kecuali jika akan digunakan untuk campuran atau hiasan kue maupun puding.

Jus buah baik untuk tubuh karena mengandung vitamin C tinggi, namun rendah serat karena yang diambil hanya air buahnya saja. Pilih jus asli, bukan minuman jus yang sudah dicampur dengan gula dan aroma. Tips dari Caraka, saat membuat jus jangan disaring, supaya seratnya tidak banyak yang terbuang.

Buah – buahan kering seperti kurma, mangga, apel, kismis, dan nangka masih mengandung kadar vitamin dan mineral yang cukup seperti vitamin A dan D, potasium, fosfor, zat besi, dan serat. Baik untuk camilan, campuran menu sereal, cake, puding, dan lain – lain. Juga dapat digunakan sebagai gula alami jika dimask dengan bahan makanan lain secara benar.

Mengkonsumsi buah yang berwarna cerah setiap hari, merupakan cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

INGAT : Makanlah buah setiap hari supaya tubuh kita mendapatkan asupan tambahan yang terkandung di dalam buah – buahan tersebut, karena buah termasuk dalam makanan pelengkap.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar