Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk limau



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah jeruk lima mau ?
Selamat membaca. .

BUAH JERUK LIMAU
 

 Manfaat.
Limau atau limo adalah kelompok buah jeruk dengan kulit tipis, licin, berwarna hijau tua, dengan diameter sekitar 2,5 cm atau lebih kecil dari jeruk nipis. Daging jeruk limau diselimuti membran tipis berupa segmen, satu buah jeruk limau terdapat 10 – 12 segmen. Buahnya mengeluarkan aroma yang segar, rasanya asam dan biasanya digunakan untuk mempertajam flavor dari makanan atau minuman.

Asal-usul Jeruk Limau.
Jeruk limau berasal dari Asia, terutama India, Birma, dan Malaysia. Jeruk limau ditemukan sekitar abad 2-3, dan kemudian dipolulerkan di Eropa. Jeruk limau jenis Kely dibawa oleng bangsa Amerika dan dikembangkan di Mexico dan beberapa daerah Amerika Serikat.

Dalam empat dekade, jeruk limau diproduksi besar-besaran setelah perang dunia pertama. Di Amerika Seriat jeruk limau dikembangkan menjadi perkebunan. Florida Selatan merupakan penghasil jeruk limau terbesar, sekitar 85% jeruk limau menjadi buah unggulan Negara tersebut.

Jenis-jenis Jeruk Limau
Jenis jeruk limau ini terbagi berdasarkan pada tingkat keasaman, yaitu yang bersifat agak asam sampai sangat asam.
1.
Jenis jeruk limau Mexican dan Kely, mempunyai rasa asam manis.
2.
Jenis jeruk limau Tahitian berasal dari dua strain, yaitu Persia dan Bears merupakan jeruk limau yang mempunyai sedikit biji.
3.
Jeruk limau Rangpur mempunyai tingkat keasaman yang tinggi dibandingkan dengan jeruk limau lainnya, warna dagingnya kuning muda, merah oranye dan hijau, biasanya mempunyai biji yang cukup banyak.
4.
Sedangkan limau Palestina berasa manis dan sedikit asam dibandingkan dengan jeruk limau lainnya.

Manfaat Jeruk Limau
Buah jeruk limau semakin terkenal karena dapat mencegah penyakit kulit di Inggris. Selain itu, jeruk limau diperkenalkan sebagai buah untuk mencegah berbagai penyakit hingga populer antar benua.

Jus jeruk limau mempunyai manfaat untuk mengempukkan daging, mempertajam flavor makanan, penambah rasa minuman seperti Margarita.

Jeruk limau juga mempunyai manfaat yang digunakan di perindustrian parfum, obat-obatan, pewarna. Selain itu, jeruk limau juga dipercaya berkhasiat membasmi parasit atau kutu hewan ternak.

 Khasiat :
1.
Mengobati penyakit diabetes.
Resepnya cukup simpel, buatlah satu gelas minuman jus jeruk limau pada setiap pagi sebelum beraktifitas. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula untuk mengurangi rasa asam jeruk limau. Jus jeruk limau dipercaya dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga membantu proses penyembuhan penyakit kencing manis atau diabetes.
2.
Membersihkan noda.
Piring atau alat-alat dapur lainnya sangat sulit dibersihkan bila dipergunakan untuk makanan yang berlemak. Kandungan minyak pada lemak itulah yang membuat piring dkk sulit dibersihkan. Nah jeruk limau berperan untuk mengatasi hal itu, cukup dengan dengan tiga sendok makan jus jeruk limau bisa digunakan untuk mencuci piring. Anda juga bisa menambahkan sedikit detergen pada jus jeruk limau tersebut.
3.
Mencerahkan kulit wajah.
Untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati atau noda pada kulit wajah, anda bisa menggunakan jus jeruk limau dipadu dengan madu 1 sdm, garam 2 sdm, dan 3 sdm minyak pijat jeruk. Tuangkan semua bahan di sebuah wadah lalu campurkan. Gunakan untuk memijat wajah anda dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan sampai rata. Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air sampai bersih. Kandungan vitamin C dari jus jeruk limau bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah, sedangkan kandungan asam yang terdapat pada jeruk limau yang dipadu dengan garam bermanfaat  mengangat sel kulit mati.
4.
Meredakan gejala mabuk.
Kebanyakan minum? Cobalah meredakan pusing dan gejala mabuk lainnya dengan resep dari DeAnna Batdorff, seorang praktisi Aryuvedic di Sebastopol, Kalifornia, berikut :
Padukan dua sendok teh jus jeruk limau segar dan seperempat sendok teh gula. Tambahkan satu gelas air dan minum perlahan. Jadikan minuman pertama Anda di pagi hari. Limau, terang Batdorff, menyegarkan hati dan gula membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah. Gula darah cenderung menurun setelah minum, sehingga membuat Anda sedikit merasa pusing.
5.
Membersihkan noda.
Asam sitrus dari limau bekerja cepat menghilangkan lemak-lemak dan kotoran. Gunakan limau untuk mengangkat noda makanan dalam microwave. Berikut tips dari Ellen Sandbeck, penulis Organic Housekeeping :
Masukkan tiga sendok makan jus limau ke dalam gelas berisi air dan panaskan hingga mendidih dalam microwave. Biarkan selama beberapa menit, angkat, dan bersihkan microwave dengan spons, selanjutnya lap sekali lagi dengan kain.
6.
Mencerahkan kulit.
Cobalah angkat noda di kulit dengan scrub dari Keystone Resort di Keystone, Colorado. Caranya, campurkan tiga sendok makan minyak pijat jeruk, satu sendok makan madu, dan jus segar dari setengah jeruk limau, serta dua sendok makan garam laut dalam mangkuk. Selanjutnya, pijatkan campuran tersebut ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar, bersihkan dan keringkan. Kandungan vitamin C dari jus limau berfungsi meremajakan kulit, sedang kandungan asam di dalamnya beserta garam mengangkat sel-sel kulit mati.
7.
Melawan penyakit.
Tambahkan satu perasan jeruk limau ke dalam secangkir teh hijau. Kandungan vitamin C dalam jus, menurut studi dari Purdue University, akan memaksimalkan penyerapan kandungan catechin (antioksidan yang diyakini melawan penyakit jantung, stroke, dan kanker) dalam teh.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

2 komentar:

dhskom mengatakan...

Jual jeruk limo untuk daerah bandung dan jakarta harga per kilo 15.000 berminat hub. 081221415838 (dede hermawan) langsung dari petani sumedang

Devy mengatakan...

kenapa tidak bisa di copy?

Posting Komentar