Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah alpukat



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah mirip kiwi.
Selamat membaca. .

BUAH ALPUKAT



Manfaat.
Nama alpukat muncul dari para penjelajah Spanyol. Mereka tidak bisa mengucapkan kata Aztec untuk buah, yang dikenal sebagai ahuacatl, “testis”, karena bentuknya. Orang-orang Spanyol tersebut menyebutnya aguacate, mirip dengan nama yang kita kenal sekarang. Alpukat merupakan bagian dari buah-buahan, bukan sayuran.

Buah alpukat sendiri sering disebut apukat atau dalam bahasa ilmiahnya Persea Americana. Nama alpukat sendiri diambil dadri bahasa Aztek yang kemudian dalam bahasa inggrisnya menjadi Avocado. Buah alpukat juga sering ditanam di daerah tropika karena buah ini cocok dengan daerah tersebut. Bentuk buah alpukat adalah warnanya hijau tua dan daging buah alpukat lembut.

Awalnya buah ini tumbuh di daerah Amerika Tengah dan Meksiko, namun saat ini buah alpukat sudah sangat menyebar di Indonesia bahkan sudah dibudidayakan. Jadi tidaklah sulit bagi anda untuk mendapatkan buah alpukat baik di pasar tradional maupun pasar modern.

Alpukat sebenarnya masih tergolong dalam berry family. Pada zaman dulu, alpukat memiliki reputasi sebagai makanan yang bisa merangsang kemampuan seksual seseorang. Oleh karena itu alpukat jarang dibeli atau dikonsumsi, untuk melindungi citra diri masyarakat dari fitnah.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, akhirnya para petani harus melakukan kampanye supaya reputasi buruk tentang alpukat dapat hilang dan menjadikan alpukat lebih dikenal masyarakat luas.

Alpukat harus benar-benar tua sebelum dipetik. Alpukat tidak akan matang di pohon karena daunnya mengandung zat yang mencegah proses pematangan. Oleh karena itu, pohon sebenarnya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan, dengan menjaga alpukat tetap di pohon selama beberapa bulan setelah tua.

Manfaat buah alpukat juga terdapat pada biji dan daun buahnya juga. Seperti : daun buah alpukat sering dimanfaatkan untuk dijadikan obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, kencing batu nyeri saraf dan lainnya.

Sedangkan biji alpukat sendiri sering dimanfaat untuk dijadikan pewarna berkualitas industri tekstil. Daging buah alpukat sendiri sering dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, masker, sampo sampai pada perawatan kulit pun.

Kandungan gizi dalam alpukat :
1.     Kalori sebanyak 85,00 kal
2.     Serat sebanyak 1,40 gr
3.     Lemak sebanyak 6,50 gr
4.    Air sebanyak 84,30 gr
5.     Protein sebanyak 0,09 gr
6.    Vitamin A sebanyak 180,00 SI
7.     Kalsium sebanyak 10,00 mg
8.    Vitamin B1 sebanyak 0,05 mm
9.    Zat besi 0,90 mg
10.  Vitamin C sebanyak 13,00 mg
11.   Karbohidrat sebanyak 7,70 gr


Dari kandungan-kandungan yang dimilki buah alpukat, tidak heran jika manfaat buah alpukat sangat banyak baik bagi kesehatan tubuh maupun produk kecantikan.

 

Khasiat :
1.
Menjaga kesehatan mata.
Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa buah alpukat memilki kandungan vitamin A sebanyak 180,00 SI.Tentu hal ini sangat membantu bagi kesehatan mata kita. Selain itu vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya radikal bebas atau macula pada mata kita.
2.
Melindungi kesehatan jantung.
Manfaat buah alpukat juga dapat memelihara kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung folat yang berperan sebagai pelindung jantung kita agar tetap sehat.
3.
Melindungi tubuh dari penyakit kanker.
Seperti yang kita ketahui, buah alpukat mengandung vitamin C, Vitamin E, asam folat serta antioksidan. Tentu hal ini bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh seperti misalnya kanker mulut.
4.
Menjaga kestabilan tekanan darah.
Buah alpukat juga bermanfaat bagi para penderita Hipertensi. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung Potassium yang berperan untuk menjaga kestabilan tekanan darah.
5.
Menurunkan kadar kolesterol jahat.
Manfaat buah alppukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun dalam buah alpukat terdapat lemak, namun lemak tersebut merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Jadi, meskipun ketika kita mengonsumsi buah alpukat akan merasa kenyang nantinya, akan tetapi hal ini tidak akan meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Bahkan mengonsumsi buah alpukat dapat mengurangi kolesterol jahat tersebut. Nah, bagi anda yang bermasalah dengan kolesterol anda, ada baiknya anda mengonsumsi buah alpukat ini secara rutin.
6.
Mengontrol gula darah.
Kandungan lemak tidak jenuh yang terdapat pada buah alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh saja, akan tetapi juga berfungsi untuk mengembalikan resistensi insulin sehingga nantinya dapat mengontrol gula darah kita. Buah alpukat juga mengandung serat yang mana serat disini mampu mempertahankan tingkat gula darah agar tetap normal.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar