Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah melon



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah seukuran bola bowling.
Selamat membaca. .

BUAH MELON
 
 Manfaat.
Buah melon masih termasuk dalam family labu - labuan atau Cucurbitaceae. Buah melon memiliki bentuk buah yang hampir sama dengan buah semangka, berbentuk bulat. Buah melon juga memiliki rasa yang manis dan segar apabila kita mengkonsumsinya. 

Buah melon kadang disajikan sebagai makanan pencuci mulut, namun kadang juga kita menemukan buah melon dalam sajian sop buah ataupun jus melon.

Kandungan buah melon, seperti vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C yang sangat tinggi. Selain vitamin tersebut buah melon juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, mineral, zat besi, kalsium, fosfor dan kandungan bermanfaat lainnya. Kandungan-kandungan tersebut lah yang memberikan khasiat buah melon yang sangat baik untuk tubuh kita.

Khasiat :
1.
Mengatasi penyakit stroke dan jantung.
Khasiat buah melon sangat baik untuk mengatasi penyakit stroke dan jantung, ini karena buah melon mengandung antikoagulan yang dapat disebut juga dengan adenosine yang mampu menghentikan penggumpalan sel darah. Apabila sel darah menggumpal maka dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung, namun buah melon mampu untuk membantu melancarkan darah dalam tubuh sehingga resiko untuk timbulnya penyakit stroke atau jantung pun kecil.
2.
Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim.
Khasiat buah melon sangat baik untuk menyembuhkan penyakit ginjal dan juga eksim, ini karena buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik, sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim yang parah dan akut. Dan apabila dikombinasikan dengan buah lemon maka dapat memberikan khasiat buah melon yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat.
3.
Mencegah penyakit kanker.
Khasiat buah melon sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, ini karena buah melon mengandung mengandung karotenoid yang sangat tinggi sehingga buah melon dapat mencegah penyakit kanker seperti menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. Buah melon juga dapat membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh kita.
4.
Melancarkan pencernaan.
Khasiat buah melon dapat membantu untuk melancarkan buang air besar, ini karena kandungan air dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu kandungan mineral dalam buah melon mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat menggangu sistem pencernaan, khususnya pada organ lambung.
5.
Meredakan Panas Dalam.
Khasiat buah melon sangat baik untuk meredakan panas dalam, ini karena kadar air dalam buah melon mencapai 95% dan memberikan efek menyejukan, itu sebabnya buah melon sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam.
6.
Menjaga Kesehatan Kulit.
Khasiat buah melon dapat menjaga kesehatan kulit, ini karena buah melon mengandung kolagen yang merupakan senyawa protein dan dapat mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat seperti halnya kulit. Kolagen juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.
7.
Melancarkan air seni.
Kandungan air dalam buah melon sangat berlimpah. Itu dia beberapa khasiat buah melon, mungkin apabila kita mengkajinya lebih dalam lagi khasiat buah melon yang lainnya akan kita dapatkan.
8.
Meredakan sariawan.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar