Sabtu, 01 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jambu air black kingkong



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jambu air.
Selamat membaca. .

BUAH JAMBU AIR

BLACK KINGKONG
 
Manfaat.
Bersama ‘saudaranya’ Black Diamond, Jambu air Black King Kong dan jambu air Black Diamond adalah 2 jambu air bersaudara asal Taiwan yang telah menjadi unggulan ekspor tak tertandingi sampai saat ini dari negara tersebut ke beberapa negara Asia Timur.

Atribut penamaan ‘Black’ pada jambu air Black Kingkong berasal dari warna buah yang merah gelap. Warna gelap ini mungkin hanya bisa disaingi oleh saudaranya Black Diamond.

Tanaman jambu air Black King Kong dapat berbunga dan berbuah sebanyak 2 kali dalam setahun (Juli dan September) dan buahnya masak pada Agustus dan Nopember.

Seperti umumnya tanaman jambu air, jambu air Black King Kong menyukai media tanam yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Untuk tabulampot, media tanam seperti ini dapat dibuat dengan mencampurkan pupuk kandang ayam yang telah difermentasi fermented chicken manure, pasir, sekam/serbuk gergaji, kapur dolomit, dan jika perlu ditambahkan pupuk majemuk NPK.

Untuk memiliki koleksi tabulampot jambu air Black Kingkong yang subur dan produktif, pemupukkan tanaman dapat dilakukan 2 kali setahun. Pemupukan dilakukan sebelum tanaman berbuah dan saat buah tumbuh seukuran telur puyuh.

Untuk pot berdiameter 40Cm, pemupukan sebelum tanaman berbuah dilakukan dengan memberikan 1 kg fermented chicken manure  yang dicampur dengan 1 sendok makan pupuk urea.

Pemupukkan ini bertujuan untuk menyuburkan tanaman sehingga daun dapat memproduksi deposit karbohidrat yang diperlukan tanaman untuk memasuki masa generatifnya. Pemupukan buah dilakukan dengan memberikan pupuk PK tinggi atau pupuk majemuk NPK  6-13-25 sebanyak 1 sendok makan.

Jika Anda termasuk penggemar tanaman organik, Pupuk Phosphat Lengkap TURRIMA yang dikombinasikan dengan penyemprotan pupuk-hormon Hantu / Ratu Biogen dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan pupuk kimia.  Disarankan melakukan penyemprotan pupuk-hormon Hantu/Ratu Biogen yang diselingi dengan pemberian pupuk organik dan pupuk hayati EM4 dengan interfal waktu 1 bulan sekali.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar