Sabtu, 15 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah mangga endog



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah mangga.
Selamat membaca. .

BUAH MANGGA ENDOG
Manfaat.
Mangga yang satu ini dikenal oleh karena bentuk dan ukuran buahnya yang kecil layakya telur. Endog sendiri dalam bahasa jawa memang berarti telur. Buah ini memiliki permukaan kulit yang lumayan halus dan dilapisi lilin.

Jika kita teliti memprhatikan maka akan menemukan bintik-bintik putih dan hijau pada kulitnya. Daging buahnya padat dan berserat dengan kandungan air yang sedikit. Harus diakui aroma buah mangga yang satu ini kurang semerbak dan rasa manisnya juga kurang jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya.

Nama buah yang nama latinnya Mangifera indica ini berasal dari bahasa Tamil dan Malayalam manga. Kata ini diindonesiakan menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.

Mangga berasal dari perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti mempelam (Melayu.), pelem atau poh (Jawa.), dan lain-lain.

Tak hanya nikmat, buah yang satu ini juga telah lama tersohor berkat khasiatnya bagi manusia dan merupakan buah musiman. Karena itu, jika musim mangga, sebaiknya dimanfaatkan sebaik – baiknya.

Mengkonsumsi sebuah mangga ukuran sedang, sudah mencukupi dua kali kebutuhan vitamin C harian, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat. Buah ini juga memiliki kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara keseluruhan merupakan antioksidan yang mudah dicerna. Karena itu, buah mangga termasuk salah satu buah yang dianjurkan dalam belanja mingguan.

Buah ini tidak hanya dimakan dalam keadaan segar, tetapi juga dapat dibuat pie, jus, selai, dan juga dapat dicampurkan dalam milkshake. Paling mudah dan bermanfaat dimakan saat masih segar.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar