Sabtu, 22 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah pir forelle



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah pir.
Selamat membaca. .

BUAH PIR FORELLE
Manfaat.
Tubuh buah pir yang satu ini bentuknya mirip lonceng dengan leher pendek. Pir Forelle umumnya berwarna putih, memiliki banyak air, dan ukurannya tidak terlalu besar. Ketika matang, Pir Forelle umumnya berubah warna menjadi kuning cerah dengan beberapa bintik-bintik merah.

Pir atau pear dalam bahasa latin disebut dengan Pyrus communis ini merupakan salah satu jenis pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, dapat mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

Dibalik rasanya yang manis Pir juga memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan.
Kandungan nutrisi buah ini sering terlupakan, karena buah ini hanya dianggap sebagai cuci mulut yang rasanya manis. Padahal buah merupakan sumber serat terlarut, yaitu pektin yang handal.

Manfaatnya sangat baik untuk kelancaran BAB dan menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’. Pir juga mengandung kadar vitamin C tinggi, vitamin A, potasium, dan sedikit vitamin E. Buah pir kering merupakan sumber yang baik akan protein, zat besi, vitamin A, dan vitamin C, serta potasium dan serat.

Buah ini memiliki kelebihan daripada buah apel, antara lain kandungan seratnya lebih tinggi sehingga lebih baik daripada buah apel. Serat yang dimiliki oleh apel, yaitu sebanyak tiga gram. Sementara kandungan serat buah pear adalah enam gram.

Dengan demikian, dalam satu buah pear terkandung 20 persen asupan serat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi manusia setiap hari. Dalam buah pear tidak ditemukan lemak, kolesterol ataupun sodium. Buah pear juga buah yang kaya vitamin C, K dan Kronium.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih info nya

Posting Komentar