Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah aprikot



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah ini (Caraka baru tau tentang buah ini).
Selamat membaca. .

BUAH APRIKOT
 


Manfaat.
Dalam bahasa Latin, buah aprikot disebut plum armenia. Carotenoids (sejenis antioksidan) adalah kandungan yang paling tinggi dalam buah ini, bahkan di atas rata-rata buah yang lain. Buah aprikot juga memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi sebagai dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Buah ini juga dapat digunakan untuk membantu detoksifikasi dan penawar dahaga.

Aprikot adalah buah dengan kulit berwarna keemasan dan tekstur beludru. Buah ini memiliki rasa manis dan tajam. Aprikot memiliki biji yang dapat diektrak menjadi minyak kernel aprikot.

Pohon apricot (Prunus armeniaca) dapat tumbuh hingga ketinggian maksimal tiga belas meter. Buah ini sangat bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Aprikot adalah pohon yang kecil, tinggi 8-12 m, dengan batang sampai 40 cm dan diameter kanopi, padat menyebar. Daun aprikot bulat telur, 5-9 cm dan 4-8 cm lebar, dengan dasar bulat, ujung runcing dan margin bergerigi halus. Bunganya diameter 2-4,5 cm, dengan lima kelopak putih merah muda, aprikot diproduksi secara tunggal atau berpasangan pada awal musim semi sebelum daun.

Buah ini kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, beta karoten, kalsium, dan kalium. Kadar vitamin A pada aprikot adalah 914,20 IU dengan jumlah beta karoten 544,95 mcg, 3 mcg folat, dan 1,2 mcg vitamin K.

Sebuah aprikot dengan berat sekitar 40 gram, mengandung 17 kalori, 4 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 3 gram gula, 1 gram serat makanan, 1 gram lemak, dan tanpa kolesterol.

Buah ini memiliki tingkat tinggi kalium yaitu 104 mg, 3 mg magnesium, dan 7 mg fosfor. Selain itu, aprikot juga memiliki tingkat lycopene tinggi.

Kandungan gizi buah aprikot, mentah nilai gizi per 100 g (3.5 oz) :
1.     Energi 201 kJ (48 kcal).
2.     Karbohidrat 11 g.
3.     Gula 9 g.
4.    Diet serat 2 g.
5.     Lemak 0,4 g.
6.    Protein 1,4 g.
7.     Vitamin A equiv. 96 mg (11%).
8.    Beta-karoten 1094 mg (10%).
9.    Vitamin C 10 mg (17%).
10.  Besi 0,4 mg (3%) .

Sumber : USDA Nutrient database

Kandungan gizi aprikot, kering nilai gizi per 100 g (3.5 oz) :
1.     Energi 1.009 kJ (241 kcal).
2.     Karbohidrat 63 g.
3.     Gula 53 g.
4.    Diet serat 7 g.
5.     Lemak 0,5 g.
6.    Protein 3.4 g.
7.     Vitamin A equiv. 180 mg (20%).
8.    Beta-karoten 2163 mg (20%).
9.    Vitamin C 1 mg (2%).
10.  Besi 2,7 mg (22%) .

Sumber : USDA Nutrient database  

Agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh, beta karoten harus disertai dengan sedikit lemak. Jadi, makanlah aprikot setelah makan atau jadikan buah aprikot sebagai camilan yang dimakan bersama kacang almond atau walnut.

Buah yang diduga berasal dari China, Jepang, Korea, atau Asia Tengah ini juga baik bagi untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan tulang, kulit, dan selaput lendir. Serat dalam aprikot membantu melancarkan pencernaan, serta dapat membuat Anda lebih mudah kenyang.

Untuk menikmatinya, buah aprikot dapat disajikan begitu saja atau diolah dan dicampur dengan makanan lain. Selain itu, mengonsumsi buah aprikot kering juga dapat menjadi pilihan di mana mengandung kadar zat besi dan tembaga yang baik untuk tubuh
.
 

 Khasiat :
1.
Menjaga kestabilan kadar gula darah tetap normal.
2.
Menstimulasi ginjal.
3.
Memiliki efek sebagai pencahar ringan.
4.
Bagus untuk pencernaan.
5.
Mengandung zat besi yang tinggi.
6.
Mengurangi risiko infeksi saluran kemih.
7.
Membantu mencegah serangan jantung.
8.
Membantu pengaturan tekanan darah.
9.
Menurunkan kadar kolesterol.
10.
Efektif untuk masalah kulit, misalnya kulit terbakar dan eksim.
11.
Membantu dalam memerangi bakteri, infeksi, dan kanker.
12.
Merekonstruksi jaringan yang rusak atau sakit.
13.
Mempertahankan penglihatan yang baik, dan membangun struktur tulang yang kuat.
14.
Buah ini sering digunakan sebagai pencahar alami.
15.
Aprikot direkomendasikan bagi mereka yang menderita anemia, ginjal lithiasis, lithiasis empedu, kekurangan vitamin A, wanita hamil, orang tua, atau remaja.
16.
Jus aprikot juga digunakan dalam kosmetik karena dapat memeriahkan kulit.
17.
Aprikot juga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Hal itu disebabkan buah jingga ini memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi.
18.
Di dunia obat-obatan tradisional Cina, aprikot mempunyai peran lain. Buah ini dapat membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi dan penawar dahaga yang manjur.
19.
Menjaga kesehatan dan ketajaman penglihatan mata dan retina.

Namun sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengkonsumsi buah aprikot. Bagian ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia. Ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh.

Untuk dapat mereguk manfaat baik aprikot, Anda dapat membuang bagian ujung biji. Jangan makan lebih dari lima buah dalam satu hari.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar