Sabtu, 11 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk lemon


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah penghias gelas jus.
Selamat membaca. .

BUAH JERUK LEMON
 

  
Manfaat.
Jeruk ini termasuk dalam keluarga sitrus dan telah lama dikenal sebagai obat kudis, jauh sebelum vitamin C ditemukan. Selain mengandung kadar vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh lebih dari sehari, jeruk lemon juga mengandung beberapa jenis vitamin B, vitamin E, unsur potasium, dan beberapa mineral mikro seperti tembaga, seng, besi, dan mangan (INGAT, bukan bahan bangunan lho) yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh.

Lemon juga sarat dengan bioflavonoid, limonese, dan mucilage, yang kesemuanya bermanfaat melancarkan proses pecernaan dan kesehatan usus. Jus lemon juga merupakan stimulan untuk pankreas dan liver. Kemampuannya sebagai antibakteri yang kuat membuatnya sangat baik untuk mencuci mulut atau obat radang tenggorokan dan sariawan.

Dosisnya, setengah bagian jus lemon ditambah dengan setengah bagian air hangat (bingung ? sediakan dua gelas yang sama supaya dapat memperhitungkan setengah bagian tersebut), kemudian dikumur dan dibuang bekas kumurannya, lakukan sampai gelasnya habis.

Khasiat :
1.     Meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
2.     Menanggulangi masalah pencernaan, sariawan, dan radang gusi.
3.     Secara tradisional, dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit saluran pernapasan.
Caranya ? sebuah jeruk lemon diambil airnya, tambahkan satu sendok teh madu, diminum sebelum tidur malam hari, merupakan obat batuk dan masuk angin.
4.    Bersifat antibakteri dan merupakan obat jerawat yang efektif.
Caranya ? tutulkan air jeruk lemon pada jerawat dengan kapas.
5.     Baik untuk masker wajah yang berminyak.
Caranya ? larutkan air jeruk lemon kedalam air hangat dengan perbanding yang sama (maksudnya ? misalnya setengah gelas air jeruk lemon dengan setengah gelas air hangat).
6.    Dapat menyembuhkan gatal – gatal karena kedinginan.
Caranya ? gosokkan bagian yang gatal dengan potongan jeruk lemon, asalkan tidak ada luka pada kulit.
7.     Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan lemon untuk mengobati kondisi medis, disarankan bahwa hal itu dilakukan hanya di bawah perawatan seorang profesional.
8.    Dapat mencegah Kudis
Penyakit kudis disebabkan oleh kurangnya kolagen yang dihasilkan dari diet rendah vitamin C. Kurangnya kolagen membuat dinding sel rusak, pendarahan terjadi dalam tubuh, bintik luka memar, dan kehilangan gigi. Lemon mencegah penyakit kudis berkat konsentrasi besar vitamin C yang ditemukan dalam buah. Asam askorbat, nama lain dari vitamin C, berasal dari bahasa Latin yang berarti “tanpa kudis”.
9.    Astringent
Menurut Julia F. Morton dari Universitas Purdue di Italia, lemon digunakan untuk mengobati kondisi dengan gejala inflamasi, seperti gingivitis, stomatitis, dan peradangan lidah. Astringents seperti lemon juga digunakan pada kulit untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan iritasi. Pengobatan sendiri dengan lemon untuk penyakit serius ini tidak dianjurkan kecuali di bawah arahan dokter.
10.  Pencegahan Arthritis
Lemon adalah penyedia manfaat antioksidan tinggi vitamin C yang cukup besar. Iowa State University menyatakan bahwa vitamin ini merupakan antioksidan yang paling umum dan mampu menetralkan radikal bebas yang tentu saja melalui tubuh. Radikal bebas berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit, dan juga terkait dengan peradangan jaringan.
11.   Pencegahan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
Kedua penyakit inflamasi tersebut, diyakini dicegah dengan efek antioksidan lemon itu. Konsultasikan dengan dokter untuk melihat apakah lemon bisa menguntungkan Anda dalam pengobatan kondisi medis Anda.
12.   Paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar atau dibuat jus.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar