Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah kundur atau beligo



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah yang jarang diketahui masyarakat.
Selamat membaca. .

BUAH KUNDUR atau BELIGO


 Manfaat.
Beligo atau baligo atau kundur (Benincasa hispida) adalah tumbuhan merambat yang ditanam karena buahnya dapat dimakan dan dianggap sebagai sayuran.

Nama lain dari buah kundur adalah Benincasa cerifera G. Savi. Orang Jawa mengenalinya dengan nama beligo atau belonceng. Di Malaysia buah kundur dikenal dengan nama beligu. Sedangkan nama Inggris untuk buah ini adalah wax gourd, white gourd dan ash gourd.

Perkataan gourd merujuk kepada pelbagai jenis buah dalam famili Cucurbitaceae seperti peria (bitter gourd), labu (musky gourd), labu air (bottle gourd) dan sebagainya. Perkataan wax white dan ash merujuk debu putih yang terdapat pada kulit buah kundur.

Buah ini terasa halus dan berbulu permukaannya ketika masih mentah, ketika sudah matang buah ini kehilangan bulunya dan melunak, dan dapat bertahan lama.

Bentuk buah ada yang bulat dan ada yang memanjang dan dapat mencapai dua meter, meskipun biasanya dijual ketika berukuran panjang setengah sampai satu meter.

Buah ini awalnya dibudidayakan di Asia Tenggara, namun saat ini juga ditanam di Asia Timur dan Selatan. Buah kundur sebenarnya adalah buah semusim, akan tetapi buahnya dapat bertahan dalam tempo yang lama.

Beligo adalah sayuran yang rendah kalori. Energi yang disumbangkan dari 130 gram beligo segar hanya sebesar 13 kcal. Bagi Anda yang sedang diet rendah kalori. cobalah menyantap beligo.

Di kalangan Orang China, buah ini dinamai tung kua yang bermakna labu musim sejuk. Ini adalah kerana buah kundur tua boleh disimpan dalam tempoh yang sangat lama. Oleh sebab itulah buah kundur yang masih segar boleh juga diperolehi pada musim sejuk. Ada ahli sains berpendapat tumbuhan kundur liar asalnya didapati di Jepun dan Jawa.

Namun begitu, di Malaysia tidak terdapat kundur liar. Oleh sebab itu, kundur lebih banyak ditanam di kawasan
tersebut yang tidak terlalu lembab seperti di Malaysia.

Kundur biasanya ditanam dengan biji
dan akan mengeluarkan hasil dalam masa 4-5 bulan. Buah kundur boleh didapati dalam berbagai bentuk. Ada yang bulat tetapi bagian pangkal dan ujungnya leper, ada bulat seperti bola dan ada berbentuk silinder panjang. Buah jenis silinder panjang ini boleh disimpan sehingga setahun selepas dituai.

Di Malaysia terdapat kundur Cina dan Kundur Jawa. Kundur Cina berkulilt licin
sedangkan kundur Jawa berbulu. Akar buah ini dapat menahan berbagai penyakit yang berpusat dari dalam tanah. Ciri inilah yang menimbulkan ide untuk mencatumkan pokok tembikai atau tembikai madu dengan batang kundurnya.

Buah kundur
yang sudah matang boleh dimakan mentah tetapi buah ini biasa dimasak seperti sayur atau dimasak bersama dengan daging untuk menambahkan cita rasanya. Isi buah kundur matang tidak berbau dibandingkan dengan buah kundur muda atau setengah matang. Isinya sering dibuat sup.


Khasiat :
1.
Air adalah komponen utama penyusun beligo. Air merupakan komponen gizi yang tidak menyumbangkan energi. tetapi keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 75% tubuh kita tersusun oleh air. Karena itu, air diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Air dalam tubuh berguna untuk menjaga suhu tubuh, jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan dehidrasi dan kita akan lemas.
2.
Kulit luar atau lapisan luar dari buah kundur biasanya digunakan sebagai bahan untuk memproduksi lilin.
3.
Abu biji buah kundur dapat digunakan untuk mengobati penyakit gonorhe.
4.
Masyarakat Filipina memasak buah kundur segar untuk dijadikan sirup dan ubat bagi masalah pernafasan dan paru-paru. Air kundur juga didapati sebagai bahan cuci mata yang merah dan bengkak.
5.
Di China, kulit buah, isi buah, jus dan biji kundur digunakan sebagai obat untuk merangsang buang air kecil dan besar, penawar demam panas, wasir, lebam atau bengkak, tonik, sakit usus, sakit buah pinggang, kencing manis, dropsy (takungan air dalam badan) dan lemah limfa.
Di kalangan orang cina, isi buah kundur biasa dibuat manisan atau acar manis. Buah kundur didapati mengandungi 97% air dan sedikit garam galian serta vitamin, kanji, alkaloid jenis cucurbitine, resin asid, protien jenis myosin dan vitellin, seta gula.
6.
Daunnya digunakan sebagai ubat pupuk untuk tujuan yang sama.
7.
Dapat membantu mengobati beberapa penyakit, seperti gonorea dan sawan.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2 komentar:

Raras mengatakan...

agak asing bagi saya buah ini, hehehe,,, kuper ya? :-)
manfaatnya bagus untuk kesehatan ya? makasih , nanti kapankapan nyari deh

Miliana mengatakan...

ijin copy ya kak makasih

quester truck

Posting Komentar