Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah pepaya



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah murah meriah.
Selamat membaca. .

BUAH PEPAYA


Manfaat
Buah yang merupakan sumber vitamin C dan rasanya enak ini konon berasal dari Meksiko dan Kosta Rika. Bangsa Spanyol memperkenalkan pepaya kepada bangsa – bangsa lain dalam perjalanan lautnya pada pertengahan abad ke-16 SM. Prosedur pepaya terbesar saat ini adalah Amerika Serikat yang sebagian besar mendapat pasokan dari Hawai.

Buah pepaya merupakan buah penting di negara – negara berkembang, karena murah dan penuh gizi. Selain itu pepaya bukan buah musiman, artinya selalu bisa didapat sepanjang tahun.

Seperti buah pada umumnya yang berwarna jingga, pepaya mempunyai kandungan beta karoten yang tinggi. Oleh karena itu, baik untuk kesehatan kulit, selain mampu meningkatkan sestem imunitas tubuh.

Pepaya mengandung 50 kcal per 100 gram buah. Mengkonsumsi sepotong buah pepaya ukuran sedang, berarti telah memenuhi dua kali kebutuhan minimum akan vitamin C.

Serat yang dikandungnya, membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, selain juga melancarkan buang air besar (BAB). Salah satu andalan buah ini adalah enzim papain. Enzim ini melancarkan pencernaan, dan banyak dikandung oleh buah muda dan daunnya.

Daun pepaya biasa dijadikan pembungkus daging (sate) sebelum dimasak karenaenzim papainnya mampu mengempukkan daging. Daunnya juga mempercepat penyembuhan termasuk luka bakar dan borok.

Biji pepaya jika ditambahkan ke dalam acar, cuka, atau minyak goreng akan meningkatkan citarasa. Bijinya juga berkhasiat membunuh cacing usus (Caraka juga kaget lho, karena selama ini bijinya sering Caraka buang, anda juga ?).

Khasiat :
1.     Baik untuk problema pencernaan.
2.     Baik untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.
3.     Pepaya paling baik dimakan dalam keadaan segar dan tua (ripe).
4.    Kulitnya dapat membantu untuk menyembuhkan luka kulit dan cedera.
5.    Menurut penelitian makan buah pepaya dengan teratut dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga bisa mengendalikan munculnya di ketombe penyakit rambut banyak orang.
6.    Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka yang masih memerlukan kritik dan saran.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar