Sabtu, 11 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk purut


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga Jeruk.
Selamat membaca. .

JERUK PURUT





Manfaat.
Anda pasti sudah mengenal jenis buah yang satu ini, bentuknya yang bulat kecil, kulit buahnya yang unik karena teksturnya berkerut- kerut, aromanya yang sangat khas sehingga sering digunakan untuk menambah aroma masakan agar semakin sedap, dan rasannya yang asam, ia adalah jeruk purut.

Citrus hystrix atau lebih dikenal dengan sebutan jeruk purut merupakan salah satu bumbu tambahan untuk memasak. Ciri-ciri tanaman jeruk purut ini bisa diamati mulai dari tingginya berkisar 5-7,5 m dengan batang tegak, bulat, berduri, dan hijau kotor.

Untuk daunnya, jeruk purut memiliki daun tunggal berseling yang lonjong dengan tepi beringgit dan ujung runcing. Pohon jeruk purut juga memiliki bunga majemuk di ketiak daun dengan kelopak berbentuk bintang berwarna hijau kekuningan.

Kepala putiknya bulat, kuning, dengan lima helai mahkota. Untuk buah jeruk purut, biasanya berdiameter 4-5 cm dengan permukaan berkerut yang khas dan berwarna hijau. Daging buahnya juga berwarna hijau dengan rasa yang juga khas yaitu asam agak pahit. Sedangkan untuk akar, berjenis akar tunggang putih kekuningan.

Sedangkan untuk cara perawatannya umumnya sama dengan pohon jeruk yang lain. Disebutkan bahwa lakukan penyiraman tiap pagi dan sore dengan menyiram bagian tanah tanpa terkena batang. Saat pohon berumur diatas 5 bulan, lakukanlah pemupukan. Untuk batang pohon, jangan biarkan bagian bawah batang pohon terkena air.

Jeruk purut paling sering digunakan untuk menambah lezat aroma masakan khususnya yang mengandung daging atau ikan karena berfungsi sebagai penghilang bau amis, selain itu bah jeruk purut juga banyak mengandung manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Jeruk purut memang tidak dapat dikonsumsi secara langsung seperti jenis buah yang lainnya, namun buah jeruk purut tetap memiliki kandungan yang berkhasiat untuk banyak hal.

Buah jeruk purut mengandung minyak atsiri, tanin, vitamin C, zat saponin, dan steroid triterpenoid. Semua kandungan dalam buah jeruk purut tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, meski rasanya asam, kelat, dan sedikit pahit, buah jeruk purut dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan olahan masakan atau ditambahkan madu agar rasanya menjadi lebih enak.

Khasiat :
1.     Mengatasi penyakit influenza.
2.     Menghilangkan rambut berminyak karena gangguan ketombe.
3.     Mengatasi rambut kepala yang bau.
4.    Mengobati kulit yang kering dan bersisik supaya menjadi lebih lembab.
5.    Aroma yang terkandung dalam buah jeruk purut berfungsi sebagai aroma terapi yang membantu melancarkan peredaran darah dan membuat syaraf- syaraf menjadi lebih rileks dan tenang.
6.    Badan terasa tidak lelah.
7.     Sedangkan untuk daunnya berkhasiat juga untuk mengatasi badan letih dan lemah sehabis sakit berat.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar