Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah anggur hijau



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah favorit kaisar romawi.
Selamat membaca. .

BUAH ANGGUR HIJAU
 


Manfaat.
Belum lama ini ada penelitian laboratorium yang dilakukan oleh ilmuwan asal Italia dan AS yang membuktikan bahwa kulit dan daging anggur hijau memiliki manfaat kesehatan dan perlindungan dari penyakit kardiovaskuler yang sama seperti ditemukan dalam anggur merah.

Anggur hijau adalah jenis anggur yang tersedia sepanjang tahun dan juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Anggur ini kaya akan karbohidrat dan vitamin C dan vitamin K, rendah kalori, lemak jenuh dan natrium dan bebas kolesterol.

Anggur hijau kaya akan vitamin A, B6, C dan vitamin K, karbohidrat, lemak jenuh, rendah kalori, serta aman dari kolesterol. Buah anggur hijau juga merupakan sumber mineral yang sangat baik karena mengandung kalsium, potassium, magnesium, zat besi, fosfor dan selenium.

Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Spesies anggur hijau juga memiliki Katekin yang merupakan Flavonoid antioksidan.

Flavonoid antioksidan dikenal sebagai Catechins juga terkandung pada spesies anggur putih atau hijau. Beberapa jumlah zat besi dan potasium juga ditemukan dalam anggur hijau dan anggur putih. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.

Banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol.

Buah ini juga bermanfaat untuk pengobatan saluran pernafasan. Mengatasi masalah pernafasan anggur dan digunakan sebagai obat dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus. Jus anggur juga dapat membantu proses penyembuhan dari penyakit wasir, batu ginjal, gangguan pencernaan, keracunan, serta gangguan empedu.

Anggur segar ataupun anggur muda keduanya sama-sama memiliki manfaat yang bisa menghambat pendarahan atau darah yang mengalir keluar terus menerus, memperlancar dan memperkuat saluran pencernaan dan mengatasi mengatasi masalah usus besar.

Para ahli gizi memberi saran untuk membiasakan diri minum dengan dosis satu gelas jus anggur yang diminum pada sebelum sarapan dan setelah makan malam setiap hari.

Minum anggur yang dilakukan sebelum tidur bisa membantu mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia.

Para ahli gizi juga menambahkan setelah diperah jus anggur harus segera diminum karena jika dibiarkan terlalu lama maka jus anggur ini akan berubah menjadi arak yang bisa menimbulkan efek mabuk.

Air anggur yang diperah juga bermanfaat untuk mengatasi batuk, menurunkan panas badan serta membuat perut terasa nyaman.

 

Khasiat :
1.      
Menyehatkan gusi dan mulut karena banyak mengandung Vit. A, B, C, dan K.
2.      
Mengatasi sembelit dan gangguan buang air besar karena Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar.
3.      
Mengandung antioksidan dan serat tinggi yang terdapat pada Vit A, C, E. Hal ini dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga imunitas tubuh serta mencegah penyakit kanker usus besar.
4.     
Mencegah terbentuknya sel kanker terutama kanker payudara dan menjaga kesehatan jantung serta mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Anggur mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, Polifenol ini mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer yang dapat meningkatkan kesehatan otak.
5.      
Mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah dengan membuat jus anggur tanpa ditambahi oleh apapun atau dapat dimakan langsung buahnya setiap pagi hari.
6.     
Mencegah asma karena Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
7.      
Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
8.     
Kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.
9.     
Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
10.   
Kelelahan.
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.
11.    
Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
12.    
Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
13.    
Asma.
Buah anggur bisa meningkatkan kadar air dalam paru-paru karena memiliki kekuatan assimilatory. Hal ini bisa mengurangi gangguan sesak napas sehingga sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita asma.
14.   
Alzheimer.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah anggur hijau bisa mencegah penyakit Alzheimer dan meningkatkan kesehatan otak.
Hal ini karena anggur mengandung resveratol, yaitu sebuah polifenol yang bisa mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.
Buah anggur hijau juga mengandung antioksidan yang bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
15.    
Migrain
Rutin minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi bisa menyembuhkan sakit kepala sebelah atau penyakit migrain.
16.   
Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.
17.    
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar