Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah elderberry



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah yang jarang diketahui publik.
Selamat membaca. .

BUAH ELDERBERRY
 


Manfaat.
Elderberry (Sambucus Nigra) memiliki buah yang  berbentuk bulat kecil berwarna ungu gelap yang terlihat bergerombol mirip buah anggur. Buah ini Tanaman Elderberry dapat berupa pohon atau belukar yang tingginya dapat mencapai 7 meter lebih yang tumbuh lebat dan menyebar.

Dari namanya dapat diketahui bahwa Elderberry berasal dari daratan Amerika, tepatnya Amerika Tengah dan Amerika Utara. Elderberry termasuk tanaman tropis, yang dapat tumbuh di berbagai kondisi termasuk tanah basah dan kering, terutama di lokasi cerah. Selain itu tanaman Black Elderberry tumbuh di daratan Eropa dengan nama latin Sambucus nigra.

Cabang batang pohon yang berbunga antara bulan Mei dan Juli ini dapat digunakan untuk membuat seruling yang sederhana.

Jenis elderberry yang tumbuh di Indonesia adalah Sambucus Javanica yang tumbuh secara liar di daerah pegunungan, pematangan yang biasanya juga berfungsi sebagai tanaman pagar.

Buah elderberry mirip seperti buah buni yang berwarna hitam dengan bentuk bulat dengan diameter 3-4 mm.

Jus elderberry kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam amino, flavonoid, karotenoid, rutin dan tanin. Nutrisi lain dari jus elderberry adalah pigmen organik, gula, fosfor, asam viburnic, potasium, kalsium dan antioksidan berupa quercetin dan anthocyanin.

Selain dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alami dan jus Elderberry, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik ataupun kuliner.

Kandungan :
Jus elderberry kaya akan vitamin C. juga mengandung vitamin A, vitamin B, asam amino, flavonoid, tanin, rutin dan karotenoid.
Nutrisi lain bahwa jus elderberry mengandung pigmen organik, gula, asam viburnic, fosfor, kalsium, potasium, dan antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin dan quercetin.

Karateristik dan ciri - ciri tanaman buah Eldeberry :
1.     Pohon. 
Tanaman buah Elderberry memiliki tinggi 3 meter tetapi kurang dari 10 meter. Kulit batang berwarna abu-abu terang ketika muda dan akan berubah menjadi abu-abu kasar, mengkerut ketika tua.
2.     Daun.
Daun Elderberry tumbuh bergerombol atau semak. Para daun diatur dalam pasangan yang berlawanan, menyirip 5-9 helai daun. Tanaman Black Elderberry memiliki panjang daun sekitar 10 cm dan lebar 5 cm dengan tepi bergerigi, dan panjang tangkai daun 20-30 cm.
3.     Buah.
Buah berwarna ungu gelap mengilap hitam berry dengan diameter 3-5 mmdan berkelompok. Buah Elderberry makanan penting bagi banyak burung pemakan buah, terutama blackcaps .
4.    Bunga.
Jenis bunganya individu 5-6 mm diameter, dengan lima kelopak dan berwarna putih gading, mereka diserbuki oleh lalat.

 Khasiat :
1.      
Menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik,  luka terpukul, sakit kuning, tulang patah, disentri, beri-beri, rubela, Bronkhitis, kram atauy kejang, edema (bengkak),  pegal linu dan Erysipelas.
2.      
Jus elderberry mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan seperti asma, pilek, bronkitis, batuk, sakit tenggorokan dan influenza.
3.      
Jus elderberry dikenal dapat mengurangi sekresi lendir, selaput lendir dan radang sinus. Selain itu juga dapat membantu mengeringkan lendir sinus sampai mengurangi hidung tersumbat yang disebabkan oleh sinusitis.
4.     
Jus Elderberry mengandung sambucus agglutinins nigra yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari serangan infeksi flu.
5.      
Jus elderberry kaya akan kandungan vitamin C sehingga jus ini sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.
6.     
Mengobati dan mencegah kanker karena mengandung antioksidan.
7.      
Jus elderberry mengandung bioflavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan sel.
8.     
Jus Elderberry meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta sangat membantu dalam mengobati penyakit AIDS dan kanker.
9.     
Jus Elderberry dikenal untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi kolesterol jahat. Hal ini dapat sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung.
10.   
Menggunakan jus elderberry untuk tujuan kuliner membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat dan menghindari resiko stres.
11.    
Jus elderberry mencegahan dan mebantu penyembuhan diabetes, perlindungan terhadap infeksi virus, dan sesak nafas.
12.    
Jus Elderberry memiliki sifat anti-virus, antioksidan dan anti-histamin. Mengkonsumsi jus Elderberry setiap hari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
13.    
Mengkonsumsi jus elderberry juga membantu mencegah dan menyembuhkan wasir, diare dan sembelit. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal, menyembuhkan  yeast infections meningkatkan daya penglihatan dan mengatasi infeksi saluran kemih.
14.   
Konsumsi jus elderberry secara teratur dapat memperindah kulit, menghitangkan bercak dan bintik gelap pada kuit. Jus Elderberry juga dapat menunda munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit serta membantu mengurangi jerawat.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Siang Bro. Artikelnya bagus, saya mau memakai jasa penulisan blogspot Anda, bagaimana mekanismenya, tolong kirim informasinya ke email : conradpedhu@yahoo.com, terima kasih..

Posting Komentar