Sabtu, 11 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah kelapa hijau


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info nama buah multifungsi.
Selamat membaca. .

BUAH KELAPA HIJAU




Manfaat.
Buah kelapa merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat, tidak hanya pada bagian buahnya saja, tetapi hampir semua dari bagian kelapa termasuk pohon, daun, akar, sabut, mempunyai berbagai macam fungsi yang berperan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sering disebut "tumbuhan serbaguna". Tumbuhan kelapa merupakan suku dari tumbuhan aren-arenan (Arecaceae).

Tumbuhan kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia (Asia). Namun saat ini kelapa sudah menyebar diseluruh pantai dan daerah-daerah tropis di dunia. Salah satu manfaat buah kelapa yang paling dikenal didunia adalah pada airnya yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang (dehidrasi). Dibawah ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah kelapa.

KALORI
Kalori yang terkandung dalam buah kelapa cukup tinggi, pada daging buah kelapa tua ada 359 kal per 100 gram. Buah kelapa setengah muda mengandung kalori 180 kal per 100 gram, sedangkan pada kelapa muda mengandung kalori 68 kal per 100 gram. Rata-rata kalori yang terdapat dalam airnya berkisar 17 kal per 100 gram.

TANIN / ANTIDONTUM
Air kelapa hijau lebih banyak mengandung tanin / antidontum. Zat ini adalah anti racun. Kandungan antidontum pada kelapa hijau lebih banyak dibanding dengan kelapa jenis lain.

KANDUNGAN ZAT KIMIA :
1.     Asam Askorbat / vitamin C
2.     Protein.
3.     Lemak.
4.    Hidrat Arang.
5.     Kalsium.
6.    Potasium.
MINERAL :
1.     Zat besi.
2.     Fosfor.
3.     Gula (glukosa, fruktosa, sukrosa).

Enzim yang terkandung dalam air kelapa mampu mengurai sifat racun.

Khasiat :
1.   Pada penderita muntaber, disentri dan diare, air kelapa hijau berguna untuk melancarkan pencernaan, menyembuhkan radang lambung dan mencegah dehidrasi. Terlebih karena nilai gizi dan mineral dalam air kelapa sangat bagus untuk fase penyembuhan dan pemulihan. Anda yang mengalami sembelit juga dapat memanfaatkan air kelapa.
2.  Membantu menyembuhkan panas dalam, demam dan demam berdarah. Perbanyaklah minum air kelapa, niscaya pasien demam berdarah akan mengalami kenaikan trombosit. 
3. Bermanfaat untuk kecantikan kulit yang diidamkan para wanita. Senyawa yang terkandung dalam air kelapa memiliki fungsi untuk membentuk jaringan kolagen.
4.    Mencuci wajah atau meminum air kelapa secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat, noda hitam di wajah, kerutan halus indikasi penuaan dini dan melembabkan kulit 
5.  Jika Anda mengalami kelebihan berat badan dan ingin melakukan diet, mengganti minuman yang biasa Anda konsumsi dengan air kelapa sangat disarankan. Air kelapa terkenal dengan kadar lemak dan gula yang rendah serta bebas kolesterol sehingga aman dikonsumsi penderita penyakit jantung dan diabetes.
6.  Campurlah air kelapa hijau dengan madu maka Anda akan mendapatkan ramuan penambah stamina tradisional yang aman dan ampuh. Terbukti mampu menambah gairah seksual bagi pasangan suami istri.
7.   Setelah melakukan olahraga dan pekerjaan berat, tubuh kita akan kehilangan banyak cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menlemahkan fungsi organ tubuh. Air kelapa dipercaya mampu mengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga kita terhindar dari bahaya dehidrasi.
8. Anda dapat menjadikan air kelapa sebagai minuman pengganti softdrink, namun sebaiknya mengkonsumsi air kelapa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Memetik nilai manfaat air kelapa hijau sah-sah saja, namun hindari mengkonsumsi sesuatu terlalu berlebihan atau overdosis.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar