Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah anggur merah



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah favorit kaisar Romawi.
Selamat membaca. .

BUAH ANGGUR MERAH


 
Manfaat.
Sejak ratusan tahun yang lalu, budidaya anggur merah sudah cukup populer utamanya di kawasan Timur Tengah dan merambah ke Eropa dan sekitarnya. Kini, anggur merah tetap menjadi salah satu komoditi yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Buah anggur dengan warna cerah ini memang paling cocok untuk diolah menjadi minuman dan cuka.

Rasa asamnya yang samar-samar di lidah akan meninggalkan rasa segar yang khas. Hal inilah yang membuat anggur merah begitu diminati. Tak hanya nikmat dan segar, sesungguhnya manfaat anggur merah ini juga beragam. Sama seperti buah lainnya, ia menyimpan keajaiban bagi kesehatan serta kecantikan.

Anggur juga biasanya dijadikan sebagai minuman hasil fermentasi seperti ride wine maupun rose wine.

Anggur merah memiliki kandungan yang kaya akan vitamin seperti Vitamin A 70 RE, vitamin C 13mg, Vitamin BI dan B2 0,05mg. Kandungan gizinya seperti karbohidrat, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, dan niacin. Menurut hasil penelitian bahwa kandungan yang ada pada anggur merah dapat menekan dan mengatasi angiogenesis, yaitu penyebab terjadinya penebalan dinding arteri pada pengyakit jantung dan kanker.

Anggur merah juga memiliki manfaat untuk kecantikan kandungan resveratroli dan fitokimia diyakini dapat merawat wajah, penuaan dini, dan menjadikan kulit tetap halus. Antioksidan yang ada pada anggur merah dapat memperkecil pori-pori wajah dan kandungan vitaminnya digunakan sebagai vitamin yang dibutuhkan untuk kulit wajah kita. Dengan mengkonsumsi buah anggur setiap hari maka kita akan mendapatkan hasilnya kulit tampak indah, kencang, halus, dan sehat.

Manfaat Kandungan Resveratrol Anggur Merah.
Anggur merah diketahui kaya akan kandungan resveratrol, yaitu senyawa yang masih merupakan antioksidan polifenol. Kandungan senyawa itu terkonsentrasi pada bagian kulit anggur merah.

Resveratrol diketahui mempunyai efek sebagai anti-inflamasi, anti-estrogenik, dan dapat mengaktifkan enzim hati yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari bahan kimia yang tidak diinginkan.

Berdasarkan apa yang disampaikan Brant, resveratrol ini juga mempunyai peranan dalam mencegah kanker, penyakit jantung, dan dapat memperpanjang usia. Satu porsi anggur merah diketahui mengandung sekitar 160 gr resveratrol.

Buah anggur merah diketahui bebas lemak dan kolesterol, serta relatif rendah kalori. Satu porsi buah ini mengandung sekitar 104 kalori, 1 gr serat, dan 1 gr protein. Namun perlu diingat jika anggur merah cukup banyak mengandung karbohidrat. Satu porsi anggur merah mengandung sekitar 27 gr karbohidrat, dimana 23 gr diantaranya berasal dari kandungan gula alaminya.

Kandungan mineral dalam buah anggur merah dapat dikatakan cukup hebat. Satu porsi buah ini mengandung sekitar 288 mg kalium dan 0,2 mg tembaga (setara dengan 10% dari kebutuhan asupan kalium dan tembaga harian). Mengandung 0,1 mg mangan dan 0,5 mg zat besi (setara dengan 5% asupan mangan harian dan 1% asupan zat besi harian). Selain itu, anggur merah juga menyimpan sejumlah kecil magnesium, kalsium, selenium, dan seng.

Anggur merah diketahui sebagai sumber beberapa jenis vitamin penting. Satu porsi buah ini mengandung 16 mg vitamin C (setara dengan 27% dari jumlah asupan harian yang disarankan), 22 mcg vitamin K (setara dengan 28%), dan 0,4 mg thiamin (setara dengan 27%). Selain itu, anggur merah juga masih menyimpan sejumlah kecil vitamin A, vitamin B6, vitamin E, asam pantotenat, folat, betakaroten, dan alphakaroten. Masing-masing manfaat dari vitamin ini sudah banyak dibahas sebelumnya.


Khasiat :
1.
Si Merah Untuk Kecantikan.
Kecantikan alamiah sedang menjadi trend. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjadi seorang fruitarian alias penggemar buah sejati. Memang kebiasaan mengkonsumsi buah berpengaruh banyak pada tampilan Anda mulai dari kulit hingga rambut.
Salah satu buah yang paling baik dikonsumsi adalah anggur merah. Mengapa ? Sebab ia diperkaya dengan senyawa yang bersifat anti-oksidan. Ia mampu melawan pengaruh radikal bebas yang jika dibiarkan akan membuat Anda lebih cepat tua. Jadi, sayangi diri Anda dengan rutin mengkonsumsi anggur merah.
2.
Bagi kesehatan manusia, khasiatnya secara umum sama saja dengan buah anggur lainnya. Hanya saja, beberapa peneliti berpendapat bahwa sifat anti-bakteri anggur berwarna merah jauh lebih kuat ketimbang jenis anggur lainnya.
3.
Di dalam anggur merah juga diketemukan sebuah hormon bernama melatonin. Ia merupakan hormon yang sebelumnya dianggap hanya ada di dalam tubuh manusia. Namun kenyataannya ia terdapat pula di dalam anggur merah. Hormon ini sangat baik sebab membantu agar tidur Anda jauh lebih berkualitas.
4.
Penelitian lainnya mengungkapkan fakta bahwa minuman hasil fermentasi dari anggur merah secara ilmiah terbukti mampu memperpanjang usia seseorang. Terlebih jika dikonsumsi secara teratur setiap hari.
5.
Kandungan polifenol di dalam anggur merah sangat melimpah. Senyawa yang satu ini diketahui memberi efek yang baik terhadap kesehatan pembuluh darah di organ jantung. Karena itu, pendapat yang menyatakan bahwa salah satu manfaat anggur merah adalah untuk menyehatkan jantung tentu benar adanya.
6.
Manfaat anggur merah kurang lebih sama saja dengan manfaat buah anggur pada umumnya. Hanya saja daya kerjanya jauh lebih efektif, menurut beberapa ahli.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar