Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah markisa



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah ini (yang unik dari markisa apa ya ?).
Selamat membaca. .

BUAH MARKISA
 

Manfaat.
Markisa adalah tumbuhan yang berasal dari luar negeri, tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika.

Nama lain yang dikenal di berbagai dunia untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), Lc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam), dan Pai Siang Ku (Bahasa Mandarin).

Oleh sebab itu, buah markisa adalah buah yang berasal dari wilayah sekitar Brazil bukan buah yang berasal dari Indonesia.

Buah markisa bisa dimakan langsung, namun umumnya daging buahnya diekstrak serta diawetkan dengan cara pemanasan atau pendinginan.

Sari buah markisa mempunyai aroma yang khas serta keras, terasa asam, bisa jadikan konsentrat alami. bila ditambah pemanis ( gula ) serta diencerkan maka terasa amat enak serta pas untuk digabung dengan sari buah yang lain. product olahan yang khas yaitu es cream, sirup, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai, serta jelly.

Khasiat :
1.
Kaya akan antioksidan.
Buah markisa merupakan buah yang sangat kaya akan antioksidan, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini dapat terlihat melalui warna kulit dan daging dari buah ini,fungsi antioksidan sendiri adalah dapat membantu tubuh untuk menghambat berkembangnya sel kanker di dalam tubuh kita. Salah satu zat antioksidan yang bisa kita temukan di dalam buah markisa adalah beta-karoten, antioksidan yang terkandung di dalam markisa ternyata dapat larut di dalam lemak tubuh kita.
2.
Menyembuhkan insomnia/gejala susah tidur.
Buah markisa sendiri memiliki efek untuk menenangkan saraf manusia sehingga dapat membuat perasaan menjadi tenang dan dapat membantu untuk menenangkan pikiran yang sedang kacau, mengkonsumsi buah markisa sebelum tidur akan dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.
3.
Kaya akan serat.
Buah markisa mengandung serat yang sangat tinggi di dalamnya, fungsi serat di dalam markisa sendiri dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan, markisa sendiri bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami dalam melancarkan pencernaan tubuh, dan dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati sakit maag.
4.
Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.
Buah markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan sumber vitamin c yang baik bagi tubuh manusia, vitamin c sendiri fungsinya adalah meningkatkan kekebalan pada tubuh kita dan merupakan salah satu antioksidan kuat untuk tubuh dalam melawan penyakit. Selain vitamin c,buah markisa sendiri mengandung vitamin a yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu tubuh dalam melawan infeksi.
5.
Mengobati asma.
Buah markisa sangat baik bagi penderita asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin c, markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.
6.
Melawan kanker.
Menurut penelitian di universitas florida menunjukkan bahwa ekstrak dari buah markisa mengandung fitokimia yang dapat membantu melawan sel - sel kanker. Oleh sebab itu, buah markisa juga bermanfaat sebagai obat untuk melawan sel kanker. Kandungan fitokimia dalam buah markisa ini pun terdiri dari passaflorine, harmol, karotenoid, krisin, harman, harmalin, viteksin, harmine, dan isoviktesin.
7.
Memiliki efek relaksasi.
Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu kita mengendurkan saraf dan pikiran kita dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang.
8.
Baik untuk program Diet.
Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
9.
Baik untuk berbagai penyakit.
Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh.
10.
Baik untuk kulit.
Dari hasil penelitian laboratorium, vitamin c dan antioksidan yang terkandung dalam buah markisa bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 komentar:

adiseo mengatakan...

Makasih ya atas sharenya dapat menambah pengetahuan
salam kenal dari Resep Manisan kolang kaling

Posting Komentar