Sabtu, 18 Januari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah naga merah



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah red dragon.
Selamat membaca. .

BUAH NAGA MERAH

 
 Manfaat.
Buah naga merah berasal dari Amerika Tengah dengan nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah ini adalah buah musiman artinya tidak tumbuh sepanjang tahun. Sehingga akan melimpah pada saat musim panen.

Buah naga merah memiliki bentuk oval dengan warna kulit buah merah sampai merah muda dan dikelilingi sejenis sisik berwarna hijau. Daging buahnya berwarna merah terang, terlihat seperti pink tua dan didominasi oleh biji-biji kecil yang berwarna hitam. Rasanya manis menuju hambar.

Buah naga memiliki kandung anti oksidan yang tinggi. Di dalamnya terkandung berbagai zat yang baik bagi tubuh seperti : kalsium, betakaroten, gula sederhana, vitamin, B1, B2, B3 , vitamin C , fosfor dan lycopine. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Buah naga sendiri memiliki empat jenis warna, yaitu merah, putih, kuning, dan hitam.. Tetapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, buah naga jenis merah-lah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Namun bukan berarti buah naga putih tidak baik untuk kesehatan yahh, hanya saja buah naga merah lebih diunggulkan dalam situasi ini. Untuk dapat memperoleh khasiat yang luar biasa dari buah naga banyak sekali caranya. Boleh dikonsumsi secara langsung tanpa harus diolah, namun dapat digunakan untuk jus sehat.

Khasiat :
1.
Mempunyai kandungan senyawa vitamin B3, vitamin ini sendiri bermanfaat untuk anda yang mempunyai masalah kadar kolestrol tinggi, dengan mengkonsumsi jus atau buah naga secara langsung dapat menyembuhkan masalah tekanan darah tinggi anda.
2.
Membantu program diet.
Bagi anda yang sedang mengikuti program diet sehat dengan makanan. Jus dari buah mangga dapat menjadi salah satu solusi alami untuk menurunkan masalah berat badan anda.
3.
Mengatasi masalah sistem pencernaan tubuh, sehingga anda tidak usah takut lagi terkena sembelit. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan serat yang sangat melimpah.
4.
Mempunyai kandungan senyawa betakaroten yang melimpah, kandungan betakaroten yang terdapat pada buah naga, tak kalah banyaknya dengan kandungan betakaroten jus wortel. Sehingga bagi anda yang mempunyai masalah kesehatan mata dapat mengkonsumsi jus buah naga secara rutin, agar mata anda dapat sehat kembali.
5.
Melindungi tubuh anda dari serangan radikal bebas serta menjauhkan diri dari serangan penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan anti oksidan yang cukup banyak.
6.
Merawat Kesehatan Kulit.
Manfaat buah naga merah berikutnya adalah berguna untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga merah dapat juga digunakan untuk perawatan kulit. Yaitu dengan cara dibuat menjadi masker. Caranya adalah kupas kulit buah naga dan ambil dagingnya lalu blender sampai halus.  Masukan ke gelas dan ambil airnya lalu dioleskan kewajah. Masker ini dapat menjadi obat herbal untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.
Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini memang mempunyai manfaat dan penggemar yang sangat banyak.
7.
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah naga dapat membantu anda untuk meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang penyakit.
8.
Adanya kandungan alami fosfor dan kalsium yang memungkinkan buah naga dapat menyehatkan tulang tubuh dan gigi anda sendiri.
9.
Menjaga kesehatan Janin ibu hamil. Dengan mengkonsumsi rutin buah naga, berarti si ibu juga turut serta memperhatikan proses pertumbuhan tulang dan gigi si anak kelak saat sudah dilahirkan (gigi anak tidak mudah gigis/sakit gigi).
10.
Fiber atau serat yang terkandung dalam buah naga merah juga berfungsi sebagai zat yang melawan dan mencegah penyakit seperti serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular.  Kandungan betakaroten dalam buah naga merah membuat vitamin A bekerja dan memperbaiki penglihatan.
11.
Mengandung gula sederhana sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bahkan para penderita diabet dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah naga merah. Hal ini karena ada penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah naga merah maka kadar glukosa dalam darah menjadi turun.
12.
Meningkatkan nafsu makan.
Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buah naga merah dapat menyebabkan nafsu makan kita bertambah. Karena di dunia kedokteran vit B1 dan B2 sering digunakan untuk penambah nafsu makan khususnya ketika dalam proses penyembuhan dari sakit.
13.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Kekebalan tubuh kita akan kuat jika vitamin C dalam tubuh terpenuhi. Nah karena buah naga merah ini mengandung banyak vitamin C maka buah naga dapat dijadikan alternatif sebagai asupan vit. C bagi tubuh kita. Kekebalan tubuh biasanya akan terganggu pada saat musim yang tidak menentu atau musim yang ekstrim yang kadang panas kadang hujan.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar