Minggu, 02 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jambu biji darsono


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jambu.
Selamat membaca. .

BUAH JAMBU BIJI
DARSONO
 Manfaat.
Buah jambu sudah terkenal sebagai salah satu buah-buahan yang menyegarkan dan tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Selain sebagai buah-buahan, jambu juga dapat mempermudah dan melancarkan wanita yang akan menjalani proses persalinan atau melahirkan. Jenis buah jambu yang di maksud adalah buah jambu jenis jambu Darsono, yang juga harganya jauh lebih mahal di bandingkan dengan jenis-jenis jambu lain pada umumnya. Harga jambu jenis ini berkisar 30 ribu per kilonya.

Mungkin jambu jenis ini belum banyak orang yang mengetahui bentuknya.Sepintas jambu jenis ini hampir menyerupai atau mirip dengan jambu air.Jambu jenis ini berwarna merah cerah di bandingkan dengan jambu air. Jambu air rasanya manis dan banyak mengandung atau menyimpan air sedangkan jambu darsono rasanya manis, ada rasa sedikit  asam- asam sepet. Itulah yang membedakan jambu ini dengan jenis jambu lainnya. Jambu ini mempunyai rasa khas yang tersendiri dan tidak di miliki buah lainnya pada umumnya.

Jambu jenis ini apabila semakin masak warna buah ini akan berubah menjadi merah tua, akan tetapi rasa sepet yang ada pada buah ini akan tetap ada walaupun buah ini sudah tua dan masak. Tetapi apabila buah jenis jambu ini, jika sudah masak maka warna dan bentuknya akan sedikit berbeda ketika masih muda, karena jika sudah masak, buah ini akan sedikit keriput dan akan terasa sedikit lembek apabila kita makan. Sedangkan apabila kita makan buah yang belum terlalu masak maka warnanya akan terlihat lebih segar dan sedikit keras apabila kita makan.

Jambu jenis ini biasanya banyak dicari oleh para wanita hamil yang sedang mengalami nyidam. Karena buah jambu jenis ini sangat sulit dicari, oleh sebab itu harga jambu jenis ini sangat mahal dipasaran. Buah jambu jenis ini hanya dapat berbuah sekali dalam setahun. Oleh sebab itu jambu jenis ini mulai langka dan harganya semakin mahal sekali. Pohon jambu jenis ini sangat sulit ditemukan, ada yang berpendapat bagi orang mempunyai pohon jambu jenis ini maka  dia akan mendapat keberuntungan serta aura yang ada pada dirinya akan lebih terlihat.

Jambu jenis ini banyak menyimpan vitamin A dan C. Karena banyak menyimpan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk sel agar tetap sehat pada tubuh kita, dapat meningkatkan daya serap pada asupan zat besi, memperbaiki kwalitas sperma serta dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak bungkus sperma.

Selain dikenal sebagai antioksidan, buah jambu jenis ini juga dapat berfungsi sebagai daya tahan dan menjaga kesehatan pada pembuluh kapiler, kesehatan gusi serta gigi. Serta dapat memaksimalkan fungsi sel darah putih.

Jambu jenis ini menghasilkan biji, termasuk dalam jenis jambu-jambuan, jenis tumbuhan berbunga, serta jenis jambu ini adalah dikotil atau berkeping dua. Jambu jenis ini juga dipercaya dapat mempermudah proses melahirkan, karena jambu jenis ini banyak menyimpan ekolit, jika dimakan membantu agar tubuh tetap sehat dan dapat sebagai anti body ataupun sebagai antivirus.

Selain itu apabila sering memakan jambu jenis ini kulit akan lebih halus serta sehat dan kita akan terlihat lebih cantik dan segar. Tanaman yang bernama latin Eugenia malaccencis juga digunakan untuk simbol yang menceritakan antara cinta kasih setiap manusia. Jambu jenis ini dapat dibudayakan melalui bijinya. Inilah gambar pohon jambu jenis darsono yang langka dan harganya yang harganya sangat mahal dibandingkan jenis jambu lain pada umumnya.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar