Jumat, 21 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah mangga khioe sawoi



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah mangga.
Selamat membaca. .

BUAH MANGGA
KHIOE SAWOI
Manfaat.
Mangga Khieo Sawoi atau Kaiew Sawei, Kaow Sawoey, Khao Savoey, Kiew Sa Waei, Khiew Savoy, Kyo Savoy adalah mangga introduksi Thailand.

Sosok Khieo Sawoei mirip dengan mangga golek kita. Ukuran buahnya juga sama dengan berat berkisar antara 170 dan 390 gram. Jika kulit mangga golek kita berwarna hijau muda, kulit magga Khieo Sawoei berwarna hijau tua . Setelah masak pun, warna Khieo Sawoei tetap hijau tua sedangkan mangga Golek kita setelah masak akan menjadi kuning oranye sangat cerah.

Selain berukuran besar, Khieo Sawoei berdaging buah tebal dengan biji kecil. Daging buahnya putih dan sangat renyah. Rasanya benar-benar manis tanpa rasa masam sama sekali, meskipun buah tersebut masih mentah/muda.

Di dalam bahasa Thai, Keow berarti hijau dan Savoey berarti makan, yang dapat diartikan sebagai varietas hijau terbaik yang dapat dimakan. Kemanisan Khieo Sawoei mentah memang luar biasa, mengalahkan rasa manis mangga Lalijiwo dan mangga Manalagi.

Bibit Mangga Khieo Sawoi: Bibit mangga Khieo Sawoi okulasi setinggi 50 cm (up) dapat diperoleh dengan harga Rp. 125.000,- di tahun 2012.

Tak hanya nikmat, buah yang satu ini juga telah lama tersohor berkat khasiatnya bagi manusia dan merupakan buah musiman. Karena itu, jika musim mangga, sebaiknya dimanfaatkan sebaik – baiknya.

Mengkonsumsi sebuah mangga ukuran sedang, sudah mencukupi dua kali kebutuhan vitamin C harian, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat. Buah ini juga memiliki kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara keseluruhan merupakan antioksidan yang mudah dicerna. Karena itu, buah mangga termasuk salah satu buah yang dianjurkan dalam belanja mingguan.

Buah ini tidak hanya dimakan dalam keadaan segar, tetapi juga dapat dibuat pie, jus, selai, dan juga dapat dicampurkan dalam milkshake. Paling mudah dan bermanfaat dimakan saat masih segar.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar