Sabtu, 15 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah lengkeng tanpa nama



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah lengkeng.
Selamat membaca. .

BUAH LENGKENG
TANPA NAMA
Manfaat.
Daun buah ini lebih panjang 2-2,5 cm dari daun itoh dan lebih lebar. Memiliki tajuk yang lebar. Buah lebih kecil dari itoh, agak berair, tetapi lebih manis daripada itoh.

Pohonnya mempunyai masa berbuah 4 tahun dari bibit hasil sambungan. Produktivitas pohonnya 4 kg/pohon dari pohon berumur 4 tahun.

Lengkeng di beberapa tempat disebut juga dengan nama matakucing, kelengkeng, longan, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Buah ini merupakan tanaman buah-buahan yang asalnya dari daratan Asia Tenggara.

Tanaman lengkeng dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 40 m, sedangkan diameter batangnya dapat mencapau sampai se
kitar 1 meter.

Pohon lengkeng mempunyai ciri daun majemuk, dengan 2
4 (-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daunnya berukuran 1-20 cm, sedangkan tangkai anak daun brukuran 0,5 - 3,5 cm. Anak daun memiiliki bentuk bulat memanjang, dengan panjang lk. 1 - 5 kali lebarnya, dan bervariasi 3 - 45 × 1,5 - 20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Wujud dari buah Lengkeng, yaitu berbentuk bulat, warnanya coklat kekuningan, dan hampir gundul; dengan permukaan licin, berbutir-butir, berbintil kasar, bergantung pada jenisnya. Mempunyai daging buah yang tipis berwarna putih agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Buah lengkeng enak dimakan dalam keadaan segar. Namun ada juga yang dikalengkan dalam sari buahnya di Thailand, Taiwan dan Tiongkok, terutama yang berdaging tebal dan besar, ada yang ditambah gula maupun tidak.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar