Sabtu, 15 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah lengkeng puang thong



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah lengkeng.
Selamat membaca. .

BUAH LENGKENG
PUANG THONG
Manfaat.
Diawal tahun 2010 lalu, bertambahlah 1 jenis lagi koleksi kelengkeng di kebun Malang.  Dialah si Puang Thong.  Dari informasi waktu itu Puang Thong termasuk salah satu jenis kelengkeng yang "katanya" dompolannya hebat, dengan kulit buah yang tebal dan tahan akan serangan Kelelawar dll.

Rasa penasaran akan semua cerita tadi, dengan perjuangan ekstra keras akhirnya dapatlah satu bibit Puang Thong asal cangkok.

Dengan maksud agar pertumbuhan tanaman cepat, maka keputusan menanam bibit di tanah saya lakukan.  Ditambah lagi saat itu lagi musim hujan, pas banget rasanya penanaman ditanah.

Berdasarkan pengamatan, sepertinya pertumbuhan si Puang Thong ini terkesan lambat dan pelit cabang.  Penanaman jenis lengkeng NN (no name) beberapa meter di sebelah Puang Thong menunjukkan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan si Puang Thong.  Kesimpulan sementara pertama, karena si Puang Thong terletak dilokasi yang agak ternaungi pohon besar sehingga sinar matahari kurang penuh.  Kedua, bibit berasal dari cangkokan dari tajuk indukan yang kurang bagus, terlihat bibit cenderung melengkung ke satu arah.

Beberapa tanaman lengkeng lainnya juga terkesan lebih pesat pertumbuhannya dibandingkan dengan pohon ini.  Melihat pertumbuhan yang kalah dengan jenis lainnya, akhirnya pemberian nutrisi yang agak intensif pun saya lakukan.  Beberapa pohon besar yang menaunginya pun disikat demi memacu pertumbuhan si Puang Thong.

Waktu pun berlalu tanpa berharap banyak akan perkembangan si Puang Thong.  Suatu hari dikejutkanlah saya akan sosok Puang Thong yang mulai berubah.  Terlihat dia mengeluarkan beberapa tunas baru yang diikuti bakal bunga.

Melihat kondisi tanaman yang menurut saya kurang prima tetapi berbunga meskipun tanpa aplikasi Lengkeng Booster membuat saya jadi agak kembali melirik keberadaan Puang Thong ini kembali.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar