Jumat, 21 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah mangga golek indonesia



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah mangga.
Selamat membaca. .

BUAH MANGGA
GOLEK INDONESIA

Manfaat.
Mangga golek merupakan salah satu jenis atau varian mangga yang kabarnya pertama kali dikembangkan di tanah India. Meski demikian, saat ini dengan mudah kita bisa menjumpai mangga yang satu ini termasuk di Indonesia. Bahkan, para petani menyebut bahwa mangga golek yang ada di Indonesia berbeda dari mangga golek India.

Mangga golek versi Indonesia dibudidayakan di wilayah Purbolinggi juga Pasuruan. Kepopuleran mangga yang satu ini sungguh luar biasa. Bahkan Menteri Pertanian secara resmi telah mengumumkan mangga golek ini sebagai salah satu varietas mangga lokal yang unggul.

Pada dasarnya, buah mangga golek ini memiliki bentuk buah yang panjang dan juga bagian ujungnya sedikit meruncing. Selain itu, buah mangga ini khas sebab tidak berparuh seperti jenis mangga lainnya.

Adapun warna buah mangga ini saat muda adalah hijau dan saat matang berwarna kekuningan terutama pada bagian pangkal. Kulit dari mangga golek ini tidak terlalu tebal, ia halus dan jika diamati Anda akan mendapati bintik-bintik kelenjar dengan warna putih agak kehijauan. Jika mangga golek telah ranum, maka bintik putih tersebut akan berubah menjadi coklat tua.

Kandungan :
1.
Energi 63 kilo kalori.
5.
Kalsium 14 miligram.
2.
Protein 0,5 gram.
6.
Fosfor 10 miligram.
3.
Karbohidrat 16,7 gram.
7.
Zat besi 1 miligram.
4.
Lemak 0,2 gram.
8.
Dan masih banyak lagi lainnya.
Tak hanya itu, di dalam daging buah mangga golek tersimpan sejumlah vitamin yakni A, vitamin V juga citamin C dalam jumlah yang cukup bagi tubuh Anda.

Tak hanya nikmat, buah yang satu ini juga telah lama tersohor berkat khasiatnya bagi manusia dan merupakan buah musiman. Karena itu, jika musim mangga, sebaiknya dimanfaatkan sebaik – baiknya.

Mengkonsumsi sebuah mangga ukuran sedang, sudah mencukupi dua kali kebutuhan vitamin C harian, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat. Buah ini juga memiliki kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara keseluruhan merupakan antioksidan yang mudah dicerna. Karena itu, buah mangga termasuk salah satu buah yang dianjurkan dalam belanja mingguan.

Buah ini tidak hanya dimakan dalam keadaan segar, tetapi juga dapat dibuat pie, jus, selai, dan juga dapat dicampurkan dalam milkshake. Paling mudah dan bermanfaat dimakan saat masih segar.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar