Sabtu, 01 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah strawberry



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah berry.
Selamat membaca. .

BUAH STRAWBERRY

 



Manfaat.
Fragaria x ananassa atau yang lebih dikenal dengan nama stroberi, buah yang begitu popular karena warnanya yang menarik, serta rasa manis asamnya yang disukai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Selain sudah banyak diolah sebagai permen, es krim, cake, jus bahkan pudding. Juga buah stroberi biasanya dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Seorang ahli botani asal Swedia, Linnaeus menyatakan bahwa buah stroberi sangat baik untuk menyembuhkan penyakit – penyakit reumatik (artristik, gout, rematoid). Pernyataan ini berdasarkan pengalamannya sendiri. Ia menderita rematik gout yang berhasil sembuh setelah mengkonsumsi stroberi setiap hari siang, dan malam (sampai kapan ? sampai sembuh dong, asalkan pantangan sakitnya jangan dilanggar jika ingin cepat sembuh). Penyembuhan ini agaknya disebabkan adanya zat aktif yang meredakan iritasi sendi – sendi yang disebabkan kehadiran asam urat.

Buah ini juga dipercaya menurunkan hipertensi, selain juga direkomendasi oleh masyarakat Eropa sebagai obat untuk mengeliminasi batu ginjal. Kandungan zat besi dalam buah stroberi mudah diserap tubuh karena kadar vitamin C yang sangat tinggi. Ini membuat buah stroberi baik untuk mempertahankan imunitas tubuh, sebagai obat anemia, dan meredakan rasa lelah yang kronis.

Buah stroberi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam buah stroberi seperti vitamin C, vitamin K, mangan, potasium, folic acid, vitamin B5, vitamin B6, magnesium, riboflavin dan omega-3 yang berperan dalam kesehatan dan kecantikan.

Buah stoberi kaya akan serat terlarut, yaitu pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’. Jika dikombinasi dengan sifatnya yang antioksidan, maka buah ini sangat baik untuk melindungi jantung. Diketahui pula, buah ini mempunyai sifat antivirus. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, buah ini sebaiknya dimakan dala keadaan masih segar, sebagai makanan tunggal, dan sebelum jadwal makan.
Khasiat :
1.     Perawatan mata.
Kandungan zat anti oksidan yang terdapat dalam buah stroberi bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi kesehatan pada mata, juga bisa mencegah penuaan dini. 
2.     Menurunkan tekanan darah tinggi.
Kandungan potasium dan zat besi yang terdapat dalam buah stroberi bermanfaat untuk menstabilkan tekanan pada darah. 
3.     Mencegah kerusakan pada fungsi otak.
Kandungan vitamin C dan fitonutrient yang terdapat dalam buah stroberi bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan pada fungsi otak. 
4.    Mencegah penyakit jantung.
Kandungan serat yang tinggi juga vitamin C, folat dan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga efektif untuk mencegah penyakit jantung. 
5.     Mencegah penyempitan otot atau arthritis.
Kandungan zat antioksidan yang terdapat dalam buah stroberi bermanfaat untuk mencegah penyempitan otot, dengan mengkonsumsinya secara teratur maka zat antioksidan akan bekerja untuk membuang racun yang ada didalam otot. 
6.    Sebagai anti-aging.
Kandungan vitamin B1, B2, vitamin C dan provitamin A berkhasiat untuk menghaluskan kulit sehingga membuat kulit lebih cerah, bersih dan dapat mencegah terjadinya keriput pada kulit. 
7.     Mencegah penyakit kanker.
Kandungan zan anti-oksidan dalam buah ini berperan penting dalam mencegah datangnya sel kanker. 
8.    Mencegah leukemia.
Buah ini memiliki efek terapi yang baik untuk mencegah penyakit leukemia dan anemia. Efek tersebut juga berfungsi untuk mencegah datangnya tumor ganas.

Info : AWAS, buah ini dapat menimbulkan alergi pada beberapa otang yang sensitif.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar