Sabtu, 22 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah nangka dulang



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah nangka.
Selamat membaca. .

BUAH NANGKA DULANG
Manfaat.
Tumbuh dan berkembang di daerah Pasar Minggu (Jakarta Selatan) dan sekitarnya. Bentuk buahnya seperti jenis nangka lain pada umumnya. Daging buah besar, tebal, rasanya sangat manis, dan kandungan airnya sedikit sehingga terasa renyah. Warna daging buah kuning cerah.

Kelebihan yang lain, ukuran daminya besar dan rasanya manis. Warna dami ada yang kuning dan ada yang putih. Berat buah antara 7-15 kg, tetapi ada yang lebih dari 20 kg. Produktivitas ratarata. 20 buah/pohon/musim.

Tanaman nangka tergolong serba guna. Buahnya yang muda dapat disayur (gudeg). Sementara buah yang matang enak dimakan segar. Bijinya enak dimakan setelah direbus. Daunnya untuk pakan ternak. Batangnya yang telah tua baik sekali untuk bahan bangunan. Warna batang semakin kuning tua, mutu kayu untuk bahan bangunan semakin tinggi.

Buah nangka yang telah matang dapat dibuat dodol dan keripik nangka yang tahan lama disimpan. Tanaman nangka baik untuk konservasi lahan miring (curam), tetapi kurang baik untuk pelindung jalan karena daun mudah gugur.

Syarat Tumbuh
Meskipun tanaman nangka dapat tumbuh hampir di semua tempat, tetapi tempat ideal untuk pertumbuhannya adalah daerah yang berketinggian 1-700 m di atas permukaan laut. Tanah yang gembur dan agak berpasir adalah jenis tanah yang disukainya. Tanaman ini membutuhkan curah hujan tinggi, yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun.

Panen dan Pasca Panen
Buah nangka untuk disayur biasanya dipanen sewaktu masih muda. Namun, bila buah akan dimakan segar, sebaiknya dipanen setelah matang pohon. Namun, buah nangka dapat dipanen menjelang matang, tetapi telah tua penuh. Buah yang telah matang ditandai dengan durinya yang jarang dan bila dipukul-pukul dengan benda keras akan menimbulkan suara yang menggema serta timbul aroma khas.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar