Sabtu, 22 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah pepaya gunung



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah pepaya.
Selamat membaca. .

BUAH PEPAYA GUNUNG
Manfaat.
Pepaya Gunung dikenal dari daerah Wonosobo Jawa Tengah. Jenis pepaya ini kemudian populer di masyarakat dengan sebutan carica. Sebenarnya jenis ini mulanya didatangkan dari dataran tinggi andes, Amerika Selatan.

Tanaman pepaya gunung pohonnya kecil dengan tinggi rata-rata 1 hingga 2 meter. Perbedaan mendasar dengan jenis lainnya, pohon pepaya gunung memiliki cabang bertingkat. Buah pepaya gunung berupa bulat telur dengan ukuran panjang 6-10 cm serta diameter 3-4 cm.

Buah masak berupa telur sungsang dengan ukuran 6-15 cm kali 3-8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, terasa agak asam namun harum, di sekitar rongganya ada banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih serta berair.

Buah yang belum masak mempunyai kulit yang berwarna hijau gelap serta dapat beralih jadi kuning sesudah masak. Meski kalah populer di pasaran dengan jenis lain seperti California dan Bangkok, pepaya jenis ini memiliki eksklusifitas sendiri. Penjualannya biasanya sudah dikemas dalam wadah dan buahnya sudah dibuat manisan.

Buah yang merupakan sumber vitamin C dan rasanya enak ini konon berasal dari Meksiko dan Kosta Rika. Bangsa Spanyol memperkenalkan pepaya kepada bangsa – bangsa lain dalam perjalanan lautnya pada pertengahan abad ke-16 SM. Prosedur pepaya terbesar saat ini adalah Amerika Serikat yang sebagian besar mendapat pasokan dari Hawai.

Buah pepaya merupakan buah penting di negara – negara berkembang, karena murah dan penuh gizi. Selain itu pepaya bukan buah musiman, artinya selalu bisa didapat sepanjang tahun.

Pepaya mengandung 50 kcal per 100 gram buah. Mengkonsumsi sepotong buah pepaya ukuran sedang, berarti telah memenuhi dua kali kebutuhan minimum akan vitamin C.

Serat yang dikandungnya, membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, selain juga melancarkan buang air besar (BAB). Salah satu andalan buah ini adalah enzim papain. Enzim ini melancarkan pencernaan, dan banyak dikandung oleh buah muda dan daunnya.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar