Sabtu, 22 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah pepaya bangkok



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah pepaya.
Selamat membaca. .

BUAH PEPAYA BANGKOK
Manfaat.
Pepaya bangkok bukan hanya tanaman asli indonesia. Jenis pepaya ini didatangkan dari thailand lebih kurang tahun 70-an. Pepaya bangkok diunggulkan dikarenakan ukurannya sangat besar di banding jenis pepaya yang lain. Beratnya bisa mencapai 3, 5 kg per buahnya.

Keunggulan yang lain adalah rasa serta ketahanan buah. Daging buahnya berwarna jingga kemerahan, terasa manis dan segar. Teksturnya yang kuat keras membuat jenis pepaya ini tahan dalam pengangkutan. Jenis pepaya ini sangat populer di pasaran Indonesia.

Buah yang merupakan sumber vitamin C dan rasanya enak ini konon berasal dari Meksiko dan Kosta Rika. Bangsa Spanyol memperkenalkan pepaya kepada bangsa – bangsa lain dalam perjalanan lautnya pada pertengahan abad ke-16 SM. Prosedur pepaya terbesar saat ini adalah Amerika Serikat yang sebagian besar mendapat pasokan dari Hawai.

Buah pepaya merupakan buah penting di negara – negara berkembang, karena murah dan penuh gizi. Selain itu pepaya bukan buah musiman, artinya selalu bisa didapat sepanjang tahun.

Pepaya mengandung 50 kcal per 100 gram buah. Mengkonsumsi sepotong buah pepaya ukuran sedang, berarti telah memenuhi dua kali kebutuhan minimum akan vitamin C.

Serat yang dikandungnya, membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah, selain juga melancarkan buang air besar (BAB). Salah satu andalan buah ini adalah enzim papain. Enzim ini melancarkan pencernaan, dan banyak dikandung oleh buah muda dan daunnya.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar