Jumat, 14 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah kelapa kuning



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah kelapa.
Selamat membaca. .

BUAH KELAPA KUNING
Manfaat.
Kelapa kuning (C. Eburen) merupakan golongan kelapa yang memiliki kulit buah berwarna kuning. Jenis kelapa ini ulai berbuah pada umur 3 tahun, pada saat tanaman setinggi 1 – 1,5m. Ukuran pohon tidak terlalu besar maupun tidak terlalu tinggi. Buah berbentuk bulat dan berukuran kecil.

Buah kelapa merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat, tidak hanya pada bagian buahnya saja, tetapi hampir semua dari bagian kelapa termasuk pohon, daun, akar, sabut, mempunyai berbagai macam fungsi yang berperan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sering disebut "tumbuhan serbaguna". Tumbuhan kelapa merupakan suku dari tumbuhan aren-arenan (Arecaceae).

Tumbuhan kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia (Asia). Namun saat ini kelapa sudah menyebar diseluruh pantai dan daerah-daerah tropis di dunia. Salah satu manfaat buah kelapa yang paling dikenal didunia adalah pada airnya yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang (dehidrasi). Dibawah ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah kelapa.

Kalori yang terkandung dalam buah kelapa cukup tinggi, pada daging buah kelapa tua ada 359 kal per 100 gram. Buah kelapa setengah muda mengandung kalori 180 kal per 100 gram, sedangkan pada kelapa muda mengandung kalori 68 kal per 100 gram. Rata-rata kalori yang terdapat dalam airnya berkisar 17 kal per 100 gram.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar