Sabtu, 01 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah gooseberry



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah berry eropa.
Selamat membaca. .

BUAH GOOSEBERRY
Manfaat.
Gooseberry adalah spesies Ribes, hidup subur ke Eropah, Afrika bahagian barat laut dan Asia barat daya,gooseberry Ini adalah salah satu spesies yang sama beberapa di Grossularia subgenus, kerana spesies berkaitan yang lain (misalnya, Amerika Utara gooseberry hirtellum Ribes)

Tinggi tanaman dapat mencapai 1-3 meter (3-10 kaki) tinggi, dengan cabang-cabang yang ditetapkan dengan duri tajam,Bunga-bunga berbentuk loceng, buah gooseberry liar lebih kecil daripada yang ditanam, tetapi sering dari rasa yang baik, melainkan umumnya berbulu, tetapi dalam satu kelainan mulus
.

Warna gooseberry biasanya 1 inci panjang dari warna buah gooseberry  biasanya hijau, namun ada juga variasi merah dan ungu pokok gooseberry menghasilkan buah yang dapat dimakan serta dapat dimanfaatkan secara komersial dan domestic.

Gooseberry tumbuh terbaik di musim panas lembab, daerah sejuk dengan musim dingin sangat sejuk. Di California gooseberry cukup produktif di bahagian  dari San Francisco Bay Area, Pantai luar Ranges dan California utara pesisir.

Pokok gooseberry ini hidup di Eropah dan Asia Barat, tumbuh   dalam semak alpine dan hutan berbatu di negara yang lebih rendah, dari Perancis ke arah timur, baik ke Himalaya India dan Semenanjung.

 Iklim Kepulauan Inggeris nampaknya secara khusus disesuaikan untuk gooseberry  tumbuh dengan baik bahkan di bahagian paling utara Scotland di mana umumnya dikenali sebagai "grozet".
 
Khasiat :
1.      
Di India buah gooseberry sering dibuat acar. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, buah ini juga dijadikan untuk obat.
2.      
Buah yang mengandung kalori rendah ini, juga memiliki phytochemical fenolik terutama flavon, dan antosianin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk melawan kanker, mencegah penuaan dini dan penyakit saraf. Tiap buahnya kaya akan vitamin C, A dan vitamin B-kompleks.
3.      
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa, konsumsi gooseberry yang kaya vitamin C dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini kaya akan mineral yang cukup seperti tembaga, kalsium, mangan, magnesium dan kalsium.
4.     
Di beberapa negara, seperti Portugal, gooseberry proses sebagai minuman, yang sebahagian besar digunakan dicampur dengan susu soda, air gooseberry digunakan untuk keperluan memasak seperti kuih, jam/selai, bir ,gooseberry yang di masak boleh di jadikan es krim dan di tambah ke dalam dessert selain di jadikan salad.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Buah amla memang sangat bagus, untuk pemesanan langsung hubungi di 085262362334/085760001520

Posting Komentar