Sabtu, 01 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah lingonberry

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar buah yang jarang diketahui publik.
Selamat membaca. .

BUAH LINGONBERRY
Manfaat.
Nama lingonberry sebenarnya berasal dari bahasa Swedia, namun buah ini bisa ditemukan di Finlandia atau negara Skandinavia lainnya. Lingonberry berbentuk merah bulat dan kecil, namun mengandung lebih banyak cairan daripada cranberry.

Peneliti dari University of Helsinki di FInlandia mengungkap bahwa lingonberry kaya akan zat kimia yang bisa menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih sehat. Hal ini ditemukan setelah mereka melakukan percobaan pada tikus.

Peneliti memberi makan tikus yang memiliki tekanan darah tinggi dengan jus lingonberry selama delapan minggu. Selama penelitian, ilmuwan mencatat tekanan darah dan detak jantung tikus. Hasilnya, mereka mengetahui bahwa tikus tersebut mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung secara signifkan.

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah penelitian pertama yang menguji efek jus lingonberry pada tekanan darah dan fungsi jantung," ungkap peneliti seperti dilansir oleh Daily Mail (21/07).

Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, kata para peneliti di Elsevier Journal of Functional Foods.

Lingonberries tumbuh berlimpah di hutan, daerah pedalaman Skandinavia. Mengandung kadar gula rendah, semak hijau, tart, buah merah jauh lebih kecil dan lebih segar dibandingkan sepupu jauh mereka, yaitu buah cranberry.

Tapi, anda tidak harus pergi ke Finlandia untuk menikmatinya. Karena di Indonesia sendiri dijual di pasar makanan Ikea, serta disajikan di restoran-restoran.
 
Khasiat :
1.      
Menurunkan tekanan darah.
Lingonberry diketahui mengandung zat kimia bernama flanovol dan polyphenol yang baik untuk tekanan darah.
2.      
Menurunkan kemungkinan serangan jantung.
Lingonberry diketahui mengandung zat kimia bernama flanovol dan polyphenol yang baik untuk tekanan kesehatan jantung.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar