Jumat, 14 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk lokam



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jeruk.
Selamat membaca. .

BUAH JERUK LOKAM
Manfaat.
Tahun baru Imlek sudah di depan mata. Bagi yang merayakan pasti tengah bersiap-siap untuk membeli makanan atau segala pernak pernik kebutuhan Imlek. Buah jeruk yang berwarna oranye cantik ini  jadi sajian wajib saat tahun baru!
 
Imlek yang jatuh tepat tanggal 3 Februari 2011, merupakan perayaan tahun baru bagi masyarakat Cina. Tradisi perayaan Imlek ini telah ada sejak ratusan tahun lalu. Perayaan Imlek ini juga memiliki arti sebagai tanda menyambut datangnya musim semi di negeri Cina. Salah satu sajian wajib disetiap perayaan Imlek adalah buah jeruk.

Menurut orang Cina, jeruk memiliki makna tersendiri. Ada yang beranggapan bahwa jeruk dalam bahasa Mandarin disebut 'chi zhe'. Dimana kata 'chi'  berarti rezeki dan 'zhe' berarti buah. Nah, tak heran kalau buah ini diyakini sebagai buah pembawa rejeki.

Buat warga Cina, Imlek harus dilengkapi dengan buah jeruk. Karena itu menjelang Imlak beragam jenis jeruk dijual di pasaran. Umumnya jeruk jenis lokam dipakai untuk merayakan imlek. Jeruk lokam yang sering disebut jeruk imlek ini warnanya kuning menyala. Hal ini sama dengan simbol warna emas atau kekayaan yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Dengan harapan tahun baru akan memberi lebih banyak rejeki dan sukses.

Mereka percaya, dengan banyaknya buah di satu pohon, akan semakin melimpah rezeki dan keberuntungan yang didapat. Selain sebagai keberuntungan, jeruk lokam sering dijadikan sebagai lambang keharmonisan dan hubungan antar keluarga, karena tumbuh secara bersamaan dan menyatu. Karena itu buah jeruk berikut pohonnya sering dipakai sebagai hiasan rumah saat tahun baru tiba.

Buah yang masuk ke dalam suku rutaceae (suku jeruk-jerukan) ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C ini banyak digemari hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang manis, sedikit asam dan segar, buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. buah ini diperkirakan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.

Buah jeruk memiliki beberapa macam diantaranya buah jeruk bali, buah jeruk lemon, buah jeruk nipis, dan buah jeruk purut. Buah jeruk banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan seperti jus, pudding dan bahan untuk wewangian.

Dalam satu buah jeruk memiliki 116,2 persen dari nilai harian asupan vitamin C. vitamin C itu sendiri berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker pada usus besar dan bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. Selain memiliki banyak kandungan vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, potasium, folat, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, fosfor, magnesium, tembaga dan senyawa fitokimia.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar