Jumat, 14 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk santang



Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk mandarin
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jeruk.
Selamat membaca. .

BUAH JERUK SANTANG
Manfaat.
Jeruk santang memiliki rasa manis yang bervariasi, dari yang manis sekali, manis sedang, sampai manis dengan sedikit asam yang menyegarkan. Hal lain yang membuat menarik dari kerabat suku Rutaceae ini adalah sulit menebak rasanya dari bentuknya selain dengan mencicipinya. Bentuk yang imut atau sedikit besar tidak akan memastikan bahwa rasa jeruk akan manis.

Jeruk santang mengandung serat yang cukup besar. Bentuknya kecil, tanpa biji, dan manis. Jadi waktu memakannya bisa langsung “mak leb”. Jeruk khas Imlek ini juga kaya akan vitamin C dan serat yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menyehatkan pencernaan. Cara mengambil khasiatnya juga tak perlu repot: dimakan saja langsung agar terasup juga seratnya.

Buah yang masuk ke dalam suku rutaceae (suku jeruk-jerukan) ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C ini banyak digemari hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang manis, sedikit asam dan segar, buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. buah ini diperkirakan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.

Buah jeruk memiliki beberapa macam diantaranya buah jeruk bali, buah jeruk lemon, buah jeruk nipis, dan buah jeruk purut. Buah jeruk banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan seperti jus, pudding dan bahan untuk wewangian.

Dalam satu buah jeruk memiliki 116,2 persen dari nilai harian asupan vitamin C. vitamin C itu sendiri berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker pada usus besar dan bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. Selain memiliki banyak kandungan vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, potasium, folat, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, fosfor, magnesium, tembaga dan senyawa fitokimia.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

1 komentar:

Posting Komentar