Jumat, 14 Februari 2014

Mengenal manfaat dan khasiat buah jeruk medan



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kali ini Caraka akan berbagi info seputar keluarga buah jeruk.
Selamat membaca. .

BUAH JERUK MEDAN
Manfaat.
Jeruk medan merupakan salah satu produk agroindustri yang berasal dari Sumatera Utara. Jeruk medan mempunyai nama ilmiah Citrus sinesis (L). Buah jeruk medan berukuran sedang, tangkainya kuat. Bentuknya bulat, bulat lonjong atau bulat rata (papak) dengan bagian dasar, ujungnya bulat atau papak, bergaris tengah 4-12 cm.

Buah yang masak berwarna orange, kuning atau hijau kekuningan, berbau sedikit harum, agak halus, tidak berbulu, kusam, dan sedikit mengkilat. Kulit buah tebalnya 0,3-0,5 cm, dari tepi berwarna kuning atau orange tua dan makin ke dalam berwarna putih kekuningan sampai putih, berdaging dan kuat melekat pada dinding buah.

Buah yang masuk ke dalam suku rutaceae (suku jeruk-jerukan) ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C ini banyak digemari hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang manis, sedikit asam dan segar, buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. buah ini diperkirakan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.

Buah jeruk memiliki beberapa macam diantaranya buah jeruk bali, buah jeruk lemon, buah jeruk nipis, dan buah jeruk purut. Buah jeruk banyak dimanfaatkan sebagai olahan makanan seperti jus, pudding dan bahan untuk wewangian.

Dalam satu buah jeruk memiliki 116,2 persen dari nilai harian asupan vitamin C. vitamin C itu sendiri berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker pada usus besar dan bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. Selain memiliki banyak kandungan vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, potasium, folat, kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, fosfor, magnesium, tembaga dan senyawa fitokimia.

Sekian, semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih telah membaca artikel Caraka, kritik dan saran yang membangun sangat dinanti.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar